Berita di Aplikasi News Pada iOS 9 Akan Dikurasi Secara Manual

Berita di Aplikasi News Pada iOS 9 Akan Dikurasi Secara Manual

news app
news app

Selain mengumumkan iOS 9 dan OS X El Capitan, Apple juga mengumumkan dua aplikasi pengganti yaitu News yang akan menggantikan Newsstand, dan Wallet yang menggantikan Passbook.

News menjadi aplikasi yang cukup menarik perhatian selama WWDC 2015 berlangsung. Aplikasi ini bisa digunakan oleh Anda para pengguna perangkat iOS untuk mengetahui kabar terkini sebuah peristiwa. Tentu saja News akan bersaing dengan Flipboard dan aplikasi sumber berita lainnya yang sudah lebih dahulu terjun ke dalam segmen tersebut.

Hal menarik lainnya dari News adalah Apple akan mempekerjakan kurator manusia untuk menyajikan bacaan atau informasi yang sesuai dengan keinginan Anda dibandingkan menggunakan algoritma atau mengandalkan ‘mesin’.

Hal ini terungkap dari sebuah postingan lowongan pekerjaan yang dirilis oleh Apple. Posisi News editor ini nantinya akan bertugas untuk menyajikan berita terkini baik secara lokal, nasional ataupun global. Selain itu, sang News editor juga akan bekerja sama dengan para media berita untuk memastikan kecepatan penyampaian breaking news.

Info Menarik: Apple Music Gabungkan Layanan Streaming dan Siaran Radio Live dalam Ekosistem Musik yang Lengkap

Tak hanya akan bekerja sama dengan para media besar penyaji berita, Apple melalui News editornya juga akan berusaha mengkurasi konten-konten asli dari para blogger. Sang News editor juga akan memantau media sosial untuk menemukan berita-berita terbaru berdasarkan keterangan dari lowongan pekerjaan yang dirilis Apple.

Aplikasi News sendiri akan tersedia bersamaan dengan iOS 9 dan baru akan tersedia untuk negara US, UK dan Australia nantinya. Apple tampaknya lebih ingin memanusiakan aplikasinya dan tidak bergantung pada algoritma. Apple Music, layanan streaming musik yang akan hadir sebentar lagi juga mengalami nasib serupa. Playlist serta lagu-lagu pilihan yang akan disajikan dikurasi dan dipilih oleh manusia.

Info Menarik: 5 Aplikasi iOS Pilihan Bertema ‘Read Later’

Tentunya akan ada sisi negatif dari kurasi manual yang akan diterapkan Apple ini, salah satunya adalah conflict of interest yang bisa saja muncul. Kecepatan juga mungkin akan jadi kendalan jika dibandingkan dengan menggunakan algoritma. Akankah dengan melakukan kurasi manual, Apple akan lebih unggul dibandingkan aplikasi sejenis? Kita lihat saja nanti.

Sumber: 9to5Mac | Apple.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Mobile
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…