Categories

Gadget

Berkat 3D Touch, iPhone 6S Bisa Dipakai untuk Menimbang Objek

Glenn Kaonang - 27 October 2015

Seperti yang kita tahu, fitur 3D Touch milik iPhone 6S dan 6S Plus berhasil memunculkan cara baru berinteraksi buat para penggemar setianya. Berkat 3D Touch, layar milik kedua iPhone terbaru ini bisa membedakan antara sentuhan dan tekanan.

Gampangnya, Anda sekarang bisa menyentuh layar dengan 3 tingkatan: sentuh, tekan sedikit dan tekan lebih dalam lagi. Ketiganya akan memberikan efek yang berbeda, dan Anda akan mendapatkan feedback berupa getaran sehingga Anda tahu apakah Anda menyentuh atau menekan layar tersebut.

Namun siapa yang menyangka kalau fitur 3D Touch ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk menimbang massa objek. Itulah eksperimen yang dikerjakan oleh seorang developer bernama FlexMonkey. Ia menciptakan prototipe aplikasi untuk iPhone 6S dan 6S Plus yang dapat membandingkan bobot dua buah plum yang berbeda.

Info menarik: Apple Hadirkan Interaksi Baru ‘3D Touch’ Pada iPhone 6S dan 6S Plus

Aplikasi tersebut ia juluki Plum-O-Meter, dan cara menggunakannya sangat mudah. Pengguna cuma perlu menempatkan dua buah plum di atas layar, lalu akan tampak tanda berwarna kuning pada buah yang berbobot lebih berat.

Sejauh ini memang yang bisa ditampilkan hanyalah buah mana yang lebih berat, bukan massa tepatnya dalam satuan gram. Akan tetapi paling tidak kita bisa mendapat gambaran tentang potensi 3D Touch sebenarnya. Sayang, aplikasi Plum-O-Meter tidak bisa meluncur ke App Store karena masih memanfaatkan API bersifat private agar dapat melakukan tugasnya.

Kendati demikian, saya pribadi bisa membayangkan skenario dimana nantinya fitur 3D Touch sudah merambah iPad dan semakin disempurnakan. Pada titik itu, saya kira akan muncul aplikasi yang bisa menyulap iPad menjadi sebuah timbangan digital. Bukan untuk objek yang berat-berat, tapi tingkat presisinya paling tidak mencapai angka di bawah 1 gram.

Via: RedmondPie.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter