Categories

Gadget

Berkat ColorOS 7.2, OPPO Reno4 F Menghadirkan Keunggulan Personalisasi dan Keamanan

Bakal semakin sempurna lagi saat ColorOS 11 sudah tersedia nanti

Glenn Kaonang - 10 November 2020

Dengan banderol Rp4.299.000 dan desain yang amat stylish – tidak ketinggalan juga kamera dengan fitur-fitur AI yang sangat menarik – cukup wajar apabila OPPO Reno4 F kemudian menjadi incaran konsumen muda. Namun di luar atribut-atribut umum seperti itu, Reno4 F juga tetap mengunggulkan aspek-aspek sekunder macam personalisasi dan keamanan.

Tentu saja hal ini tidak akan bisa terwujud tanpa bantuan software, dan di sini sistem operasi ColorOS 7.2 pada akhirnya berhasil menjadi tandem yang sangat harmonis bagi Reno4 F. Dari segi personalisasi misalnya, ColorOS 7.2 menawarkan kemudahan untuk mengganti iconicon aplikasi pihak ketiga secara mudah, sehingga dapat pengguna cocokkan dengan tampilan shiny matte milik Reno4 F.

Bukan cuma tampilan visualnya saja yang dapat dipersonalisasi, ColorOS 7.2 bahkan juga mempersilakan pengguna untuk membuat ringtone-nya sendiri jika mau. Proses pembuatannya tentu saja sudah dirancang seintuitif mungkin, dan total ada sepuluh ringtone berbeda yang dapat disimpan. Semua ini sejalan dengan prinsip utama Reno4 F yang memang diciptakan untuk menjadi medium berekspresi.

OPPO Reno4 F

Beralih ke aspek keamanan, ada fitur Private Safe yang sangat berguna untuk menyimpan foto, video, dan berbagai konten lainnya secara aman. Dokumen-dokumen pekerjaan pun juga bisa dimasukkan ke dalam Private Safe, dan yang dapat mengakses folder ini tentu saja hanyalah yang tahu kata sandinya. Lebih lanjut, demi semakin memaksimalkan keamanan informasi, perangkat sama sekali tidak dapat digunakan untuk mengambil screenshot selagi sedang membuka folder Private Safe.

Penguncian pun juga dapat diterapkan per aplikasi pada ColorOS 7.2 berkat fitur bernama App Lock. Cukup pilih aplikasi-aplikasi yang hendak diamankan, maka semua itu hanya bisa diakses setelah mencantumkan password yang tepat. Aplikasi-aplikasi media sosial seperti Instagram atau Twitter tentu merupakan kandidat yang tepat untuk fitur ini, sebab keduanya mungkin adalah yang paling sering menjadi korban keisengan teman ketika sedang nongkrong.

Sekali lagi, fitur-fitur yang mendukung aspek personalisasi dan keamanan mungkin cukup sering dikesampingkan oleh konsumen, akan tetapi hal itu tidak mencegah OPPO menyuguhkannya di Reno4 F. Ke depannya, kedua aspek ini juga akan semakin disempurnakan lagi ketika ColorOS 11 sudah tersedia buat Reno4 F.

OPPO Reno4 F

Ketika semua itu dikawinkan dengan spesifikasi yang mumpuni, maka kita bisa mendapatkan ponsel yang sangat layak dibeli di rentang harga 4 jutaan rupiah. Sekadar mengingatkan, Reno4 F hadir mengusung layar dual punch-hole Super AMOLED dengan ukuran 6,43 inci dan resolusi 2400 x 1080 pixel, lengkap beserta lapisan kaca Gorilla Glass 3+ dan sertifikasi TÜV Rheinland.

Performanya pun tergolong sangat baik untuk kebutuhan sehari-hari berkat penggunaan chipset MediaTek Helio P95, RAM 8 GB, dan kapasitas penyimpanan internal 128 GB yang dapat diperluas dengan bantuan kartu microSD. Di balik rangka Reno4 F yang tebalnya cuma 7,48 mm, bernaung baterai berkapasitas 4.000 mAh yang mendukung fast charging 18 W.

Urusan fotografi dan videografi, Reno4 F mengandalkan kamera utama 48 megapixel f/1.8 dengan sensor berukuran besar (1/2 inci), kamera ultra-wide 8 megapixel f/2.2, dan sepasang kamera monokrom 2 megapixel. Lubang pada layarnya sendiri dihuni oleh kamera 16 megapixel dan depth sensor 2 megapixel.

Disclosure: Artikel ini adalah advertorial yang didukung oleh OPPO.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter