22 March 2017

by Glenn Kaonang

Berkat Fitur Shortcut, Google Search Kini Jadi Mirip App Launcher

Tanpa harus mengetikkan kata kunci, Anda sekarang bisa mencari informasi dari beragam kategori

Mengetikkan kata kunci yang spesifik ke Google Search guna mencari informasi sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Namun terkadang ada kalanya kita hanya ingin mencari tahu mengenai restoran-restoran populer di sekitar kita, atau sekadar ingin mengecek skor pertandingan tim olahraga favorit yang terlewatkan semalam.

Untuk itu, Google telah menghadirkan fitur shortcut pada aplikasi Google untuk Android dan iOS, serta google.com versi mobile. Deretan shortcut ini akan memberikan akses cepat ke beragam jenis informasi, membuat Google Search secara tak langsung beralih fungsi menjadi seperti app launcher di Android.

Contoh yang paling gampang adalah shortcut "Eat & Drink" yang akan menampilkan deretan tempat makan dan tempat nongkrong yang populer di sekitar, tanpa perlu mengetikkan satu huruf pun. Contoh lain, yaitu "Entertainment", akan menyajikan daftar film yang tengah diputar di bioskop setempat maupun konten-konten yang ditayangkan channel TV.

Buka google.com di ponsel, klik shortcut Sports, maka skor pertandingan tim favorit Anda akan langsung ditampilkan – tidak perlu mengetikkan satu huruf pun / Google

Saat membuka shortcut "Sports", Anda akan langsung disambut oleh skor pertandingan tim-tim olahraga favorit Anda. Dari mana Google tahu kalau misal Golden State Warriors adalah tim basket favorit Anda? Dari teknik yang sama yang diterapkan pada Google Now.

Di Android, shortcut-nya malah lebih banyak dan lebih beragam lagi. Ada "Translate", "Flights", Hotels", "Internet Speed Test", "Currency Converter", dan masih banyak lagi. Bahkan shortcut yang bisa dianggap kurang penting pun juga tersedia, seperti misalnya shortcut untuk mengocok dadu atau memutar suara bermacam hewan.

Untuk sekarang, fitur ini baru tersedia di Amerika Serikat. Belum ada informasi secepat apa Google bisa menghadirkannya ke pengguna di negara-negara lain.

Sumber: Google.