13 May 2016

by Glenn Kaonang

Berkat Gboard, Pengguna iPhone Bisa Melakukan Pencarian di Google dari Dalam Aplikasi Apapun

Pengguna tak perlu lagi repot berpindah aplikasi hanya sekadar untuk mencari sesuatu di Google dan membagikan hasilnya via aplikasi chatting

Kita semua pasti pernah mengalaminya; sedang asyik chatting, tiba-tiba kita harus mencari sesuatu di Google. Meski sudah terbiasa, prosesnya bisa dibilang merepotkan, memaksa kita untuk keluar dari aplikasi chatting, mengakses Google, lalu kembali lagi ke aplikasi.

Apakah tidak ada cara supaya kita bisa mengakses Google dari mana saja, tanpa harus keluar-masuk aplikasi? Ada, angan-angan ini akhirnya bisa tercapai berkat Gboard, sebuah aplikasi keyboard untuk iPhone rancangan Google yang memungkinkan pengguna mengakses mesin pencari tersebut dari dalam aplikasi apapun.

Tampilan Gboard tak jauh berbeda dari tampilan keyboard bawaan iOS 9. Hanya saja di bagian atas kirinya terdapat icon Google. Sentuh icon tersebut, maka sebuah search box akan muncul, dan pengguna tinggal melakukan pencarian seperti pada situs atau aplikasi Google Search biasanya.

Gboard sangat praktis dan bisa digunakan dari dalam aplikasi apapun / Google

Hasil pencarian akan ditampilkan dalam wujud kartu demi kartu yang dapat digeser ke kiri. Seandainya mencari suatu tempat, hasil pencarian akan menampilkan informasi yang dianggap paling penting, seperti nomor telepon, rating dan jam buka. Dari situ pengguna tinggal menyentuh tombol β€œShare” untuk membagikan hasil pencarian tanpa perlu repot-repot copy-paste.

Gboard juga dapat digunakan untuk mencari gambar ataupun GIF dengan mengganti tab di sisi paling bawah. Ia bahkan juga bisa dipakai untuk mencari emoji dengan cepat. Sama halnya seperti aplikasi keyboard kebanyakan, Gboard juga mendukung gestureswipe.

Gboard saat ini sudah tersedia secara cuma-cuma di App Store, tapi sayang belum untuk pasar Indonesia. Google berjanji akan merilis dukungan bahasa yang lebih banyak ke depannya.

Sumber: Google Blog.