Categories

Internet

Berkat Gmailify, Pengguna Yahoo Mail dan Outlook Kini Bisa Nikmati Fitur-Fitur Terbaik Gmail

Mulai dari proteksi spam, kinerja search yang cepat, pengaturan inbox berdasarkan kategori, sampai integrasi Google Now

Glenn Kaonang - 18 February 2016

Kabar gembira buat para pengguna layanan email Yahoo dan Outlook, Anda sekarang bisa menikmati fitur-fitur unggulan Gmail tanpa harus mendaftarkan akun baru di layanan milik Google tersebut.

Jauh sebelum ini, Google sudah lebih dulu meluncurkan fitur dimana pengguna Yahoo Mail dan Outlook dapat mengakses email-nya lewat aplikasi Gmail di Android. Kini mereka juga bisa menikmati fitur-fitur terbaik Gmail seperti proteksi spam, kinerja search yang cepat, pengaturan inbox berdasarkan kategori dan bahkan integrasi Google Now pada akun-akun non-Gmail tersebut.

Pembaruan ini Google sebut dengan istilah "Gmailify". Gmailify sederhananya akan menyambungkan akun-akun Yahoo Mail atau Outlook ke layanan Gmail. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat untuk pengguna yang ingin menikmati fitur-fitur Gmail, tapi tidak ingin mengganti alamat email-nya yang sudah dikenal oleh seluruh kontaknya.

Google tidak mau memaksakan Gmailify pada pengguna akun non-Gmail. Oleh karena itu, mereka harus mengaktifkannya secara manual. Caranya gampang: buka aplikasi Gmail di Android, lalu masuk ke menu Settings. Pilih akun non-Gmail yang ingin disambungkan, lalu tap opsi "Link account".

Setelah aktif, akun-akun non-Gmail ini dapat menikmati semua fitur unggulan Gmail tadi, baik melalui aplikasi Gmail di Android maupun versi web di mail.google.com. Inbox mereka akan disortir berdasarkan kategori Primary, Social, Promotions, Updates atau Forums. Lalu ketika ada email seperti konfirmasi pemesanan kamar hotel atau tiket pesawat, update-nya akan muncul secara otomatis di Google Now.

Sejauh ini Gmailify baru bisa diaktifkan pada akun Yahoo Mail dan Outlook.com/Hotmail saja. Ke depannya, Google sudah merencanakan untuk menambah dukungan layanan email lainnya.

Sumber: Gmail Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter