1 February 2017

by Glenn Kaonang

Berkat Mindflix, Anda Dapat Menavigasikan Netflix dengan Pikiran

Merupakan sebuah prototipe yang dipamerkan dalam event internal Netflix Hack Day 2017

Ada-ada saja yang dipikirkan empat engineer Netflix ini di waktu luangnya. Mereka baru-baru ini mendemonstrasikan prototipe sebuah gadget unik bernama Mindflix yang memungkinkan pengguna untuk menavigasikan Netflix dengan kepalanya saja – baik dengan memanfaatkan gesture maupun dengan memikirkan kata tertentu.

Jadi untuk scrolling, pengguna tinggal menganggukkan atau menggelengkan kepalanya saja. Lalu ketika hendak memutar suatu film, ia hanya perlu memikirkan kata "play" dan film pun otomatis akan dimainkan. Mindflix bukan sihir maupun lelucon internal, melainkan hasil upaya mereka memodifikasi sebuah perangkat bernama Muse.

Muse pada dasarnya merupakan sebuah headband dengan kemampuan mendeteksi dan membaca gelombang otak. Perangkat ini sebenarnya ditujukan untuk keperluan meditasi, akan tetapi engineer-engineer cerdas dari Netflix ini rupanya telah menguliknya menjadi sebuah gadget yang ideal buat para pemalas.

Pemalas? Ya, mereka yang terlalu malas untuk beranjak dan mengambil remote control dari atas meja. Mereka yang tergolong pelupa kelas akut juga bisa menjadi target dari Mindflix, dimana mereka tak perlu lagi mengingat-ingat di mana terakhir mereka menempatkan remote control.

Mindflix sendiri merupakan salah satu proyek yang dipamerkan dalam event rutin Hack Day yang dihelat secara internal di markas besar Netflix. Dalam acara ini, karyawan Netflix diberi waktu 24 jam untuk bereksperimen dan menciptakan proyek unik yang sekiranya dapat meningkatkan pengalaman konsumen bersama Netflix.

Mindflix mungkin masih jauh dari kata final, dan sejauh ini tidak ada yang tahu apakah Netflix berniat untuk merealisasikannya dan merilisnya ke publik. Namun satu hal yang perlu dicatat, aplikasi VR Netflix yang ada sekarang berasal dari proyek Hack Day tahun 2014, yang berarti Mindflix pun juga punya peluang yang sama.

Sumber: Variety.