9 October 2020

by Glenn Kaonang

Berkat Satu Aksesori, Nuraphone Langsung Menjelma Menjadi Headset Gaming

Satu perangkat audio untuk semua kegiatan

Diperkenalkan pertama kali lewat Kickstarter sekitar empat tahun silam, Nuraphone merupakan headphone wireless seharga $399 yang sangat unik karena dua hal. Yang pertama, desainnya sangat nyeleneh karena di dalam masing-masing earcup-nya terdapat sebuah earbud. Kedua, ia sangat fleksibel karena dapat beradaptasi secara otomatis dengan pendengaran tiap-tiap pengguna.

Fleksibilitas rupanya selalu menjadi tema utama yang diusung Nuraphone, dan itu dibuktikan lebih lanjut lewat kehadiran sebuah aksesori baru untuknya, yakni sebuah mikrofon untuk keperluan gaming. Nuraphone sendiri sejatinya tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi headset gaming, dan itulah mengapa saya menyebutnya sebagai perangkat yang sangat fleksibel.

Nuraphone sebenarnya sudah punya mikrofon terintegrasi, yang juga berfungsi untuk mewujudkan fitur active noise cancellation (ANC) miliknya. Namun berhubung Nuraphone mengandalkan konektivitas Bluetooth, ia jelas tidak cocok untuk mendampingi pengguna ketika sedang bermain game di PC atau console.

Nuraphone sebenarnya bisa saja disambungkan ke perangkat-perangkat tersebut menggunakan kabel audio 3,5 mm standar, tapi dalam skenario ini mikrofonnya otomatis tidak berfungsi. Itulah mengapa pengembangnya pada akhirnya menciptakan aksesori mikrofon baru ini.

Dihargai $50, mikrofon ini menyambung lewat konektor khusus yang terletak di earcup sebelah kanan Nuraphone. Unit mikrofonnya sendiri menjadi satu dengan kabel audio 3,5 mm, menjamin kompatibilitasnya dengan PC, PS4, Xbox One, atau perangkat apapun yang memiliki jack 3,5 mm. Di tengah kabelnya, ada tuas mute beserta volume slider.

Idenya adalah, Anda cuma butuh satu perangkat saja untuk semua kegiatan. Ketika hendak keluar dari rumah, Nuraphone siap menemani sebagai headphone wireless yang dilengkapi ANC. Lalu ketika hendak bermain FIFA 21 bersama kawan-kawan, tinggal tancapkan mikrofonnya, dan sambungkan kabelnya ke PC atau console.

Pengembang Nuraphone tentu bukan yang pertama kali mengeksekusi ide seperti ini. Belum lama ini, Bose meluncurkan headset gaming pertamanya, dan perangkat itu sejatinya tidak lebih dari headphone QuietComfort 35 II versi Bluetooth yang dibundel bersama boom mic yang dapat dilepas-pasang.

Sumber: Tom's Hardware.