Categories

Home Appliance

Berkat Smartians, Gadget Rumahan Biasa Dapat Diberi Kemampuan Automasi

Coffee maker lama dapat disulap menjadi smart coffee maker dengan bantuan add-on penekan tombol otomatis

Glenn Kaonang - 26 November 2018

Automasi merupakan kata yang paling tepat untuk menggambarkan prinsip kerja perangkat smart home secara umum. Anggap Anda punya sebuah coffee maker pintar; menggunakan aplikasi pendampingnya di ponsel, Anda bisa menetapkan timer supaya mesin menyeduh kopi secara otomatis setiap pukul 6.30 pagi.

Namun apakah kopi hasil seduhannya pasti lebih enak daripada coffee maker biasa yang harus dioperasikan secara manual? Belum tentu. Kecuali automasi dan kepraktisan begitu penting buat Anda, mengganti coffee maker lama yang masih dapat berfungsi dengan baik dengan smart coffee maker mungkin hanya terkesan buang-buang uang.

Frolic Studio Smartians

Alternatif yang lebih menarik adalah membuat coffee maker lama itu jadi sedikit lebih pintar. Kira-kira demikian premis yang ditawarkan konsep perangkat bernama Smartians berikut ini. Dikembangkan oleh Frolic Studio, Smartians terdiri dari dua komponen: hub dan unit pendamping (add-on) untuk berbagai perangkat yang ingin ‘dicerdaskan’.

Seperti biasa, hub-nya yang terhubung ke jaringan Wi-Fi berfungsi mengirim instruksi ke unit add-on. Add-on ini bermacam-macam wujudnya: ada yang berfungsi untuk menekan tombol, saklar, tuas, maupun memutar kenop, semuanya tinggal disesuaikan dengan metode pengoperasian tiap-tiap perangkat.

Frolic Studio Smartians

Menggunakan layanan seperti IFTTT, add-on tersebut bisa diinstrusikan untuk menekan tombol atau memutar kenop lewat aplikasi di smartphone. Fitur timer juga bisa dimanfaatkan, sehingga dalam skenario smart coffee maker tadi, coffee maker biasa pun bisa beroperasi secara otomatis dengan bantuan Smartians.

Untuk sekarang, Smartians baru sebatas proof-of-concept, akan tetapi pengembangnya berniat merealisasikannya tahun depan apabila respon yang diterimanya terbukti positif dan ada investor yang tertarik.

Sumber: New Atlas.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter