12 January 2016

by Yoga Wisesa

Berkat Teknologi Ini, Anda Bisa Bermain Sebagai Diri Sendiri Dalam Game Fallout 4

Intel menggunakan kombinasi teknologi RealSense di kamera tablet, app itSeez3D dan program bernama Uraniom.

Anda mungkin sudah menghabiskan ratusan jam menjelajahi kota Boston paska perang nuklir dalam Fallout 4, tapi permainan itu terus memberikan kejutan, seolah-olah memiliki konten tidak terbatas. Mungkin itulah alasannya mengapa ia terpilih sebagai salah satu game terlaris di 2015. Menariknya lagi, ada teknologi yang berpotensi membuat permainan jadi jauh lebih istimewa.

Melalui fitur character creation komprehensif Fallout 4, tak sedikit gamer mencoba merancang tokoh utama agar mirip dengan wajah mereka. Kadang upaya tersebut menghabiskan banyak waktu, padahal permainan sama sekali belum dimulai. Di ajang CES 2016 minggu lalu, Intel memanfaatkan serangkaian device dan teknologi untuk menjawab rasa penasaran 'bagaimana jika Anda bisa bermain sebagai diri sendiri dalam Fallout 4?'

Sangat keren, begitu menurut The Verge berdasarkan pengalaman mereka berkunjung ke booth Intel. Solusi dari Intel tersebut sangat praktis, dan cuma memerlukan proses selama beberapa menit. Tim asal Santa Clara itu menggunakan kombinasi teknologi RealSense di kamera tablet, app itSeez3D, program bernama Uraniom, dan tentu saja versi PC Fallout 4 dengan dukungan mod.

Pertama-tama, pengunjung diminta duduk di atas kursi, lalu staf Intel mulai melakukan pemindaian dengan tablet HP yang dibekali kamera Intel RealSense melalui aplikasi itSeez3D. RealSense mengusung teknik imaging 3-in-1 via kamera inframerah, proyektor laser infrared, serta kamera 1080p. Software itSeez3D sendiri dirancang buat menciptakan model 3D beresolusi tinggi suatu objek, untuk dicetak 3D printer.

Setelah prosedur pemindaian beres, model 3D tercipta di devicemobile. Anda dipersilakan memoles area-area scan yang kurang sempurna. Dari sini, data diunggah ke Uraniom - software unik buat mengubah hasil pemindaian jadi avatar video game (developer-nya juga ber-partnership dengan Intel dan itSeez3D). Di sana, pengguna bisa mengkustomisasi secara detail, misalnya menentukan tinggi badan atau warna rambut.

Dengan Uraniom, karakter dapat di-upload ke sejumlah permainan, misalnya FIFA, GTA V dan Skyrim. Tentu saja di demonstrasi, Intel menerapkannya ke Fallout 4 lewat modifikasi. Kualitas detailnya sangat tinggi, namun ia masih menyimpan satu kelemahan besar dibanding sistem character creation standard: wajah terpaku pada satu ekspresi saja.

Jadi bayangkan jika Anda menyeringai saat scan dilakukan, sang tokoh protagonis akan menyeringai hingga akhir hayatnya (atau sampai Anda menghapus file save Fallout 4 dari PC).

Sumber: The Next Web & IGN.