Categories

Mobile

Berkat watchOS 3, Apple Watch Jadi Makin Cepat dan Navigasinya Lebih Mudah

Fitur fitness tracking-nya kini telah dioptimalkan untuk pengguna berkursi roda

Glenn Kaonang - 14 June 2016

iOS 10 dan macOS Sierra adalah pengumuman yang paling ditunggu-tunggu dari keynote WWDC 2016 semalam. Namun dalam acara yang sama, Apple turut menyingkap sejumlah penyempurnaan untuk Apple Watch yang dikemas dalam wujud update watchOS 3.

Apple sendiri berencana merilis watchOS 3 ke publik mulai musim semi mendatang secara cuma-cuma. Selagi menunggu, mari membahas fitur-fitur barunya satu demi satu.

Performa lebih cepat

watchOS 3 menjanjikan performa yang lebih kencang ketimbang versi sebelumnya. Apple Watch selama ini dikenal lamban dalam hal membuka aplikasi, tapi hal tersebut tak lagi berlaku setelah watchOS 3 dirilis nantinya, dimana aplikasi akan terbuka secara instan karena watchOS 3 menyimpannya langsung di dalam memory dan melakukan background update informasi secara berkala.

Navigasi lebih simpel

watchOS 3 menghadirkan sejumlah watch face baru yang menarik / Apple
watchOS 3 menghadirkan sejumlah watch face baru yang menarik / Apple

Pengoperasian juga lebih sederhana dalam watchOS 3. Tombol di bawah Digital Crown kini berfungsi untuk membuka Dock, dimana pengguna bisa menyematkan sejumlah aplikasi yang kerap mereka gunakan. Aplikasi yang ditampilkan di dalam Dock ini interaktif, yang berarti informasi akan disajikan secara real-time dan ter-update.

Mengganti watch face kini juga jauh lebih mudah. Pengguna hanya perlu menggeser layar dari ujung kiri atau kanan untuk mengganti watch face sesuai keinginannya pada saat itu. Tentu saja, Apple tak lupa menyediakan sejumlah watch face baru yang cukup menarik.

Activity Sharing dan aplikasi baru bernama Breathe

watchOS 3 mengemas fitur Activity Sharing untuk meningkatkan motivasi pengguna dalam beraktivitas / Apple
watchOS 3 mengemas fitur Activity Sharing untuk meningkatkan motivasi pengguna dalam beraktivitas / Apple

Progress latihan Anda bersama Apple Watch kini bisa dibagikan ke teman via iMessage. Pengguna pun bisa memantau progress teman-temannya sekaligus memberikan komentar – bisa komentar positif, atau bisa juga yang sifatnya menantang.

Di sisi lain, fitur Activity Ring dalam watchOS 3 kini telah dioptimalkan untuk pengguna berkursi roda. Di tangan mereka, Apple Watch nantinya tidak akan menghitung jumlah langkah kaki, melainkan jumlah dorongan kursi roda.

Aplikasi Breathe dalam watchOS 3 mengajak pengguna berelaksasi dengan sesi pernafasan / Apple
Aplikasi Breathe dalam watchOS 3 mengajak pengguna berelaksasi dengan sesi pernafasan / Apple

Bersamaan dengan itu hadir aplikasi baru bernama Breathe. Breathe merupakan app sederhana yang membantu pengguna berelaksasi lewat beberapa sesi pernafasan. Breathe akan memandu pengguna dengan getaran maupun visualisasi menarik selama pengguna menarik nafas dalam-dalam dan menghembuskannya.

Penyempurnaan fitur komunikasi

watchOS 3 mengemas penyempurnaan iMessage yang diperkenalkan oleh iOS 10 / Apple
watchOS 3 mengemas penyempurnaan iMessage yang diperkenalkan oleh iOS 10 / Apple

iMessage dalam watchOS 3 kini berfitur lebih lengkap, sama seperti di iOS 10. Pengguna pun juga bisa mengakses fitur Scribble untuk memberikan balasan dalam bentuk tulisan tangan, cocok ketika pengguna tengah berkomunikasi dengan bahasa Mandarin atau Jepang.

Bersamaan dengan itu, watchOS 3 turut memperkenalkan fitur SOS yang bisa diakses dengan menahan tombol samping. Setelah beberapa detik, Apple Watch Anda akan langsung melakukan panggilan telepon ke layanan darurat. Menariknya, Apple mengklaim watchOS 3 bisa mengenali nomor layanan darurat yang berbeda-beda di tiap negara secara otomatis.

Sumber: Apple.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id