23 June 2016

by Glenn Kaonang

Berkat Waves Nx, Semua Headphone Bisa Menyajikan Output 3D Audio

Merupakan perpaduan software dan hardware berupa Bluetooth tracker yang bisa dijepitkan ke bagian headband milik headphone

Dimotori oleh kemajuan teknologi virtual reality, 3D audio kini ikut menjadi tren tersendiri. Konsep 3D audio pada dasarnya memungkinkan pengguna untuk mendengarkan suara dari segala arah; depan, belakang, kiri, kanan, atas bawah. Kalau ini terdengar tidak asing, itu karena Anda mengenalnya dengan istilah surround sound.

Untuk bisa 'diselimuti' oleh suara, tentunya Anda memerlukan perangkat khusus yang memang mendukung teknologi 3D audio atau surround. Namun menurut pengembang software audio profesional, Waves Audio, semua headphone bisa menyajikan output 3D audio berkat inovasi terbarunya.

Bernama Waves Nx, ini merupakan perpaduan software dan hardware yang bekerja secara simultan untuk memberikan efek surround 5.1 atau 7.1 yang nyata pada telinga pengguna. Hardware-nya sendiri merupakan sebuah tracker Bluetooth yang bisa dijepitkan pada headband milik headphone, berfungsi untuk memonitor pergerakan kepala pengguna ke segala arah.

Unit head tracker Waves Nx bisa dijepitkan dengan mudah ke headband milik headphone / Waves Audio

Dipadukan dengan aplikasi desktop atau mobile-nya, headphone yang Anda pakai seketika akan disulap menjadi surround sound system. Efek surround ini juga akan terasa meskipun konten yang Anda putar – musik, film atau game – hanya memiliki audio stereo.

Efek surround atau 3D audio yang disajikan Nx akan memberikan kesan bahwa Anda sedang berada dalam ruangan dimana suara tiap-tiap instrumen terdengar dari sudut yang berbeda. Ibaratnya seperti langsung berada di tempat konser, tapi pada kenyataannya Anda masih duduk santai di sofa kediaman sendiri.

Sejauh ini Waves Nx baru bisa dipesan lewat situs crowdfundingKickstarter seharga $69 selama masa early bird – harga retail-nya diperkirakan berkisar $99. Pada dasarnya ketimbang harus mengucurkan dana lebih banyak untuk membeli headphone berteknologi surround, Anda hanya perlu meminang Waves Nx dan memakainya bersama headphone kesayangan yang sudah Anda percayai sejak lama.