Categories

Interview

Berkenalan dengan Program FBStart untuk Startup dari Facebook

FBStart adalah program Facebook yang fokus untuk membantu startup mobile sukses dan sudah berlangsung sejak tahun 2014 silam

Adjie Priambada - 10 June 2016

Facebook memiliki misi untuk membuat dunia semakin tebuka dan tehubung dan salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan membantu pengembang aplikasi melalui program FBStart. Program ini adalah program yang memiliki fokus untuk membatu startup mobile di dunia untuk suskes dengan menyediakan dukungan fitur, layanan gratis ke berbagai tools, hingga mentoring. Program ini pertama kali diluncurkan Facebook pada tahun 2014 silam.

Memasuki tahun ketiganya, ada beberapa peningkatan yang dilakukan Facebook untuk program FBStart. Pertama yakni kemitraan baru dengan Amazon, DocSend, M4Global Partner, Phone 2 Action, ChangeCorp, dan Pitchbook. Kedua, jam kerja bulanan untuk memberikan akses online atas tim Facebook untuk berdiskusi mengenai tantangan yang dialami. 

Terakhir, rangkaian acara acara global hingga akhir tahun yang mengunjungi pasar-pasar baru di Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Amerika Latin untuk mengadakan workshop dan bertemu dengan komunitas pengembang lokal. Awal Juni kemarin (2/6) workshop FBStart untuk pertama kalinya singgah ke Jakarta.

Director of Global Product Partnerships at Facebook Ime Archibong mengatakan, “Tahun ini kami memperluas kelebihan dari FbStart yang sudah tersedia bagi para anggota dan kami mengadakan acara di lebih dari 20 kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta. Kami berkomitmen untuk membantu pengembang aplikasi lokal dalam menjangkau lebih dari 84 juta pengguna Facebook di Indonesia dan membantu mereka dalam mencapai tujuan bisnisnya.”

Dukungan yang diberikan FBStart untuk Startup

[ki - ka] Director of Global Product Partnerships at Facebook Ime Archibong, Co-Founder Sale Stock Lingga Madu, Product Partnerships SEA at Facebook Alice Wei, Founder Cupslice Abdur Sayaf / DailySocial
Di tahun ketiganya, FbStart mengklaim telah memiliki lebih dari 9.000 anggota dari 137 negara di seluruh dunia dengan 70 persen anggota program berasal dari luar Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri, Sales Stock dan Cupslice adalah startup Indonesia yang tercatat bergabung dalam program FBStart.

Sebagai informasi, tahun lalu Ideabox juga telah menjalin kemitraan dengan Facebook. Lewat kemitraan tersebut, Facebook melalu FbStart akan menyediakan mentorship, kredit iklan, dan akses ke tools yang dikembangkannya untuk para startup yang tergabung dalam program Ideabox.

FBStart menyediakan dua paket keanggotaan bagi startup yang ingin bergabung, yakni paket Bootstrap Track dan Paket Accelerate Track. Dalam paket Bootsrap Track, pengembang bisa menikmati dukungan tools dari Facebook senilai $ 40.000. Sedangkan di paket Accelerate Track, nilai dukungan yang penggunaan tools mencapai $ 80.000.

Untuk dukungan mentorship, Ime menjelaskan bahwa mereka akan melakukan mentorship secara online. Platfrom seperti Facebook for Work akan digunakan untuk memaksimalkan dukungan mentorship ini selain platform yang berbentuk forum dan lainnya.

Facebook juga menggelar kompetisi tahunan untuk para anggota yang tergabung dalam program FBStart yang disebut FBStart App of The Year. Kompetisi tersebut bertujuan untuk memberikan penghargaan pada aplikasi mobile yang paling sukses dari program FBStart. Kategori pemenangnya dibagi berdasarkan negara, aplikasi social good terbaik, dan pemenang grand prize.

Aplikasi-aplikasi yang terdaftar nantinya akan dinilai dengan empat prinsip penjurian, yaitu pertumbuhan dan interaktifitas, pengalaman pengguna dan desain, efesiensi dalam skala global, dan pemanfaatan platform Facebook. Sedangkan panel penilai terdiri dari beberapa ahli teknologi dari Andreessen Horowitz, ChangeCorp, DeskConnect, GitHub, Facebook, dan Saavn.

Tahun ini, aplikasi yang memenangkan hadiah grand prize adalah VoiceTube yang berasal dari Taiwan dan berhak atas hadiah uang tunai senilai $ 50.000 dan Facebook Ad Credit senilai $ 50.000. Sementara itu pemenang lainnya, MusiXmatch, Emprego Ligado, RadPad, dan MedShr, menerima uang tunai senilai 5.000 dolar dan Facebook Ad Credits 7.500 dolar.

Ime menyebutkan bahwa sejak kompetisi ini digelar tahun 2015, pemenang grandprize selalu berasar dari wilayah APAC. Dia optimis bahwa ke depannya akan lebih banyak lagi startup dengan aplikasi mobile dari APAC yang keluar sebagai pemenang, mengingat penetrasi mobile yang tinggi di APAC. Tidak menutup kemungkinan juga startup dari Indonesia untuk memenangkan kompetisi ini bila mereka bisa memenuhi syarat penilaian, terutama dari sisi efektifitas aplikasi secara global.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter