9 March 2015

by Glenn Kaonang

Berkolaborasi dengan Névo, Wiko Mobile Hadirkan Wiko Watch, Smartwatch Minimalis dengan Fitur Activity Tracking

Akhir bulan lalu, rekan saya sempat menuliskan tentang smartwatch minimalis bernama Névo. Begitu minimalisnya, menurut saya Névo Watch lebih pantas disebut sebagai jam tangan dengan fitur activity tracker dan notifikasi untuk smartphone.

Rupanya konsep tersebut cukup menarik pabrikan lain untuk menelurkan produk serupa. Wiko Mobile, produsen smartphone asal Perancis, memutuskan untuk menggandeng Névo – yang juga berasal dari negara yang sama – dalam menggarap perangkat smartwatch pertamanya.

Sesimpel namanya, Wiko Watch juga memiliki fungsi yang amat sederhana selain untuk menampilkan waktu saat ini. Hal ini dikarenakan Wiko Watch memakai teknologi yang dirancang oleh Névo, dimana jam tangan telah dilengkapi sebelas lampu LED di sekitar dial, yang dapat menyala sebagai indikator berbagai fungsi.

Info menarik: Pebble Perkenalkan Smartwatch Pebble Time Steel dan Berikan Detail Soal Aksesori Smartstrap

Yang pertama adalah sebagai indikator progress dari suatu aktivitas yang telah ditentukan melalui aplikasi pendamping Wiko Watch di smartphonesmartwatch ini kompatibel dengan perangkat iOS 7 maupun Android 4.3 ke atas, tidak hanya smartphone buatan Wiko sendiri saja. Lampu-lampu LED ini bisa menyala dalam tiga fase – 25%, 50%, 100% – menyesuaikan dengan progress penggunanya.

Sumber: Frandroid

Juga tidak berbeda dari fitur milik Névo, lampu-lampu LED Wiko Watch ini bisa dimanfaatkan sebagai alat pengingat akan adanya notifikasi pada smartphone yang telah tersambung via Bluetooth, dengan opsi kustomisasi alert dan variasi warna yang ditampilkan.

Secara teknis, Wiko Watch dapat menghitung langkah kaki, jumlah kalori yang terbakar dan memonitor kualitas tidur penggunanya – informasi terperinci akan ditampilkan oleh aplikasi pendampingnya. Baterai Wiko Watch dapat bertahan hingga enam bulan dengan fungsi tracking yang terus aktif. Sebagai jam tangan biasa, ia diklaim mampu beroperasi hingga empat tahun lamanya.

Info menarik: Smartphone Wiko Bawa Semangat Desain Perancis ke Indonesia

Lalu apa perbedaan Névo Watch dan Wiko Watch? Yang pertama, Névo hadir melalui situs crowdfunding Indiegogo, sedangkan Wiko Watch berdiri di bawah bendera Wiko Mobile yang saat ini tengah melakukan ekspansi bisnis ke beberapa negara, termasuk halnya Indonesia.

Kedua, Wiko Watch dirancang dengan material yang lebih terjangkau dan warna-warna mencolok (merah, hitam dan turquoise) khas Wiko Mobile. Alhasil, harga jual yang ditawarkan bisa lebih rendah daripada Névo, yakni sekitar €129, dan otomatis membuka peluang yang lebih besar untuk diminati para muda-mudi yang biasanya memiliki budget terbatas.

Ketiga, Wiko Watch yang sempat dipamerkan di ajang MWC 2015 kemarin ini sudah siap dipasarkan mulai bulan April ini. Sejauh ini memang belum ada konfirmasi mengenai kapan Wiko akan membawa smartwatch-nya ke tanah air. Namun menurut saya, Wiko bisa semakin memikat konsumen Indonesia dengan mem-bundlesmartphone beserta Wiko Watch ini ke dalam satu paket penjualan.

Sumber: Wareable dan Névo Blog. Sumber gambar: EyeOnMobility dan Frandroid.