Gadget

Berkolaborasi Dengan Rapper 50 Cent, Intel Kembangkan Headphone Pendeteksi Detak Jantung

Pada hari Kamis kemarin produsen chip semikonduktor dan pencipta prosesor x86, Intel Corporation, mengumumkan proyek kerja sama dengan rapper Curtis '50 Cent' Jackson dalam menciptakan headphone pintar yang dapat mendeteksi detak jantung pengguna. Hasil karya mereka ini diperkenalkan dengan nama BioSport In-Ear Headphones.

Device tersebut merupakan upaya Intel untuk terus mempenetrasi pasar wearable tech sembari menciptakan tren baru. Selain bantuan dari perusahaan headphone SMS Audio milik Jackson, bulan Maret lalu Intel telah mengakuisisi Basic Science - tim spesialis pencipta fitness-band. Tak heran jika Intel ingin segera mengaplikasikan 'keahlian' tim barunya itu dalam satu produk anyar.

Menariknya, Intel tidak menterjemahkan teknologi tersebut ke bentuk fitness-band biasa. Terinspirasi dari beberapa gadget smartband dan perangkat mobile 'segala medan', melalui BioSport In-Ear Headphones, Intel mencoba memperluas strategi mereka dalam mengembangkan device wearable.

 

Info menarik: Om One, ‘Speaker Terbang’ Besutan Om Audio

 

Menurut GM Intel New Devices Group, Mike Bell, apa yang mereka lakukan di sini bukanlah sekedar pengembangan eksperimental. Mereka percaya, gadget dan teknologi wearable akan memiliki pasar yang sangat besar dalam waktu ke depan. Intel berupaya memasukan berbagai fitur baru ke dalam BioSport In-Ear Headphones, tapi tetap menjaganya sebagai perangkat yang tidak menarik perhatian.

Pada bulan Januari lalu, Intel pernah dilaporkan mengembangkan teknologi earbud berkemampuan biometrik, dimana gadget bisa mendapatkan pasokan listrik dari jack audio. Teknologi itu akan diterapkan dalam BioSport In-Ear Headphones. Walaupun diusung dengan tema 'pintar', headphone kolaborasi Intel dan SMS Audio ini tidak membutuhkan baterai terpisah. Dengan begitu ia hadir layaknya produk audio biasa.

Untuk kemampuan membaca detak jantung, BioSport In-Ear Headphones memanfaatkan serangkaian sensor optik yang mampu melihat aliran darah di dalam kulit - tanpa injeksi ataupun membuat penggunanya merasa tidak nyaman. Untuk menciptakan sensor tersebut, lagi-lagi Intel mendapatkan bantuan dari perusahaan third-party. Tapi baik Intel dan SMS Audio tak mau menyebutkan apa nama perusahaan itu.

 

Info menarik: Headset Gaming dari Cooler Master Storm, Pulse-R, Telah Tersedia di Indonesia

 

Anda bisa memonitor detak jantung, jarak tempuh perjalanan, serta kecepatan, dengan mengkombinasi headphone, GPS di smartphone serta app seperti RunKeeper. Tentu dengan mengusung tema olahraga, BioSport In-Ear Headphones harus bisa bertahan di kondisi ekstrim. Maka demikian, SMS Audio memberikannya fitur anti-debu dan anti-air. Kemudian desain pengait unik miliknya membuat headphone tetap terpasang mantap saat Anda bergerak.

Presiden SMS Audio, Brian Nohe, berpendapat bahwa kerja sama dan produk baru ini akan membuat SMS lebih spesial dibanding produsen barang audio premium lain - terutama Beats (kini milik Apple) yang diujungtombaki nama besar Dr. Dre. Jika proyek ini berhasil, kita bisa pastikan akan ada kolaboasi lain antara dua perusahaan itu.

Belum ada informasi akurat soal tanggal rilis dan harga BioSport In-Ear Headphones. CNET yang menjadi sumber artikel ini hanya menyebutkan bahwa headset pintar itu segera dipasarkan pada kwartal empat 2014.

Gambar header: BusinessWire.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter