Baru saja kemarin kami menuliskan secara eksklusif tentang rencana KakaoTalk untuk memasuki pasar Indonesia bulan depan, hari ini kami mendapatkan informasi bahwa LINE telah melancarkan strategi mereka di Indonesia dan berkolaborasi dengan operator terbesar di sini, Telkomsel. Seperti yang dikutip dari Tech in Asia, LINE menambahkan paket sticker yang menampilkan karakter ‘Telkomsel Blob”. Fasilitas paket sticker ini bisa diunduh secara gratis. Meski merupakan kolaborasi dengan Telkomsel, tapi fasilitas ini masih bisa ditemukan dengan mudah di iOS dan Android menggunakan jaringan operator lain.

LINE yang merupakan buatan Naver Japan menjadi salah satu platform pesan populer di Jepang tetapi tidak di Korea karena KakaoTalk lebih populer di sana. Sekarang, kedua layanan ini menyasar Indonesia karena secara logika pasar Indonesia adalah yang terbesar di sisi pelanggan selular di Asia, setelah Cina dan India. LINE sendiri telah tersedia di iOS, Android dan Windows Phone. Namun, fasilitas untuk mengunduh sticker terbaru ini masih belum ditemukan di versi Windows Phone. Pengguna juga bisa menggunakan LINE di desktop karena ada versi LINE untuk Windows dan Mac.

Melihat dengan lebih detail, kami menemukan bahwa LINE telah menyediakan lusinan paket sticker baru, mulai dari gratis sampai dengan yang berharga $1.99. Sementara KakaoTalk telah membuat rencana bisnis yang lebih kreatif – selain layanan pesan, LINE fokus untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untui kegiatan chatting. Sejujurnya, orang di sekitar saya lebih memilih LINE karena lebih atraktif dari pada KakaoTalk, karena alasan pilihan sticker yang lebih bervariasi, tetapi kami akan melihat kembali situasi ini pada akhir tahun ketika KakaoTalk telah menerapkan rencana besar mereka di Indonesia.

Kami percaya Telkomsel masih menyiapkan model bisnis lain dengan LINE. Selain sticker, ada kemungkinan bahwa Telkomsel akan menawarkan paket data khusus untuk pelanggan LINE. Program yang sama telah diperkenalkan untuk layanan WhatsApp.

Hadirnya LINE di Indonesia (sebagai unit bisnis) berarti perang layanan pesan di platform smartphone. Sementara mig33 masih menikmati keunggulannya di pasar feature phone, kompetisi di smartphone sebenarnya semakin seru. WeChat, KakaoTalk, dan LINE mencoba peruntungan mereka untuk mengalahkan WhatsApp sebagai raja baru untuk layanan pesan antar platform. BlackBerry Messenger, bagaimanapun, tidak punya saingan di pasar layanan pesan single platform karena BlackBerry masih menjadi pilihan yang disukai di pasar kelas menengah secara umum.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.