Konsep online-to-offline (O2O) menjadi strategi andalan terbaru fashion commerce Berrybenka. Setelah membuka 16 gerai Pop Up Store di beberapa kota besar di Indonesia, awal Maret 2017 Berrybenka meresmikan gerai permanen pertamanya di Mal Ciputra Cibubur. Koleksi yang dihadirkan di antaranya Berrybenka Label, Berrybenka Men, dan produk-produk Hijabenka.

Pembukaan pop-up store sebelumnya di Cibubur Junction merupakan salah satu pendorong pembukaan toko permanen di Mal Ciputra Cibubur. Terjadi peningkatan transaksi yang sangat signifikan setelah pembukaan pop-up store tersebut.

“Selama kami membuka pop-up store di Mal Cibubur Junction, kami melihat animo yang sangat tinggi dari warga Cibubur. Selain itu, kami juga mendapatkan peningkatan penjualan online di area Cibubur yang cukup signifikan yaitu sekitar 100-120% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini mendorong kita untuk membuka gerai permanen kami di Mal Ciputra Cibubur ini,” kata Managing Director Berrybenka Danu Wicaksana.

Sebelumnya CEO Berrybenka Jason Lamuda mengungkapkan pendanaan Seri C dari sejumlah investor lokal hingga asing senilai lebih dari $10 juta bakal digunakan untuk membuka lebih banyak pop up store sekaligus mendirikan toko permanen. Di tahun 2017 ini pop-up store Berrybenka juga akan semakin banyak dengan target 20 pop-up store baru, termasuk untuk kota-kota di luar pulau Jawa.

“Berrybenka ingin menjangkau pelanggan yang memang sudah nyaman untuk berbelanja secara offline lebih banyak lagi. Faktanya sebagian pelanggan Berrybenka yang berbelanja di gerai offline, setelah ditanya ternyata mereka tahu tentang Berrybenka tapi memang mereka lebih nyaman untuk datang ke toko untuk berbelanja,” kata Danu.

Fitur pilihan di toko permanen Berrybenka

Pop-up store Berrybenka diklaim mampu meningkatkan pertumbuhan pelanggan dan transaksi hingga 3-4 kali lipat. Dengan alasan tersebut Berrybenka kini lebih fokus dengan konsep O2O di kategori fesyen.

Pop-up store Berrybenka sendiri pertama kali dihadirkan pada bulan Februari 2016. Kita baru mulai gerilya membuka pop-up store mulai bulan Agustus 2016,” kata Danu.

Dalam mendukung usahanya, Berrybenka menerapkan beberapa fitur guna memberikan pengalaman belanja yang nyaman, mudah, dan terpercaya di toko permanen mereka. Fitur tersebut antara lain “Retur di Toko”, sebuah layanan yang memudahkan pelanggan mengembalikan barang yang telah dibeli secara online ke pop-up store.

Layanan lain yang juga tersedia adalah cara pembayaran “COD di Toko” yang memungkinkan pelanggan memilih produk yang diinginkan melalui situs Berrybenka dan mengirimkannya ke Pop Up Store tanpa harus membayar terlebih dahulu. Setelah pesanan sampai, pelanggan dapat mencobanya langsung sebelum membelinya.

“Sebagaimana disampaikan di awal tahun 2017, toko permanen ini merupakan salah satu strategi bisnis kita di tahun 2017. Saat ini kami masih fokus untuk menguatkan pop-up store dan toko permanen ini. Strategi lainnya mengembangkan layanan personal shopper ‘Stella’,” kata Danu.

Berrybenka
by Berrybenka

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.