Categories

Gadget

Bersama Peluncuran Moto 360, Motorola 'Kembali Hadir' di Indonesia

Premis Moto 360 adalah menyalurkan notifikasi dan informasi dari smartphone ke pergelangan tangan Anda.

Yoga Wisesa - 18 March 2016

Moto 360 generasi pertama merupakan primadona Android Wear serta dianggap sebagai salah satu smartwatch yang paling dinanti. Setelah dirilis, tanggapan pengguna sedikit tercampur aduk. Di satu sisi, perangkat ini mempunyai wujud anggun, namun ia masih belum seideal harapan user akan wearable device. Kabar baiknya, sang penerus mendapatkan respon lebih positif.

Enam bulan setelah dilepas global bersamaan dengan IFA Berlin 2015, Lenovo membawa Moto 360 generasi kedua ke tanah air. Acara peluncuran juga dipergunakan sebagai momentum pendaratan kembali brand Motorola di nusantara. Lewat wearable device anyar tersebut, Motorola mencoba 'menetapkan standar kualitas smartwatch' serta 'memenuhi selera konsumen yang sangat cerdas dalam memilih produk'.

Penampilan Moto 360 2nd-gen masih menyerupai sang kakak, tentu dengan sejumlah penyempurnaan. Ia turut mengusung desain melingkar (mirip Huawei Watch dan LG Watch Urbane), disuguhkan dalam dua opsi ukuran layar: berdiameter 42- atau 46-milimeter. Case memanfaatkan material stainless steel 316L dengan sebuah tombol fisik, sudah memperoleh sertifikasi IP67 sehingga terlindung dari debu dan tahan air hingga kedalaman satu meter selama 30 menit.

Menilik sisi desain lebih jauh, bagian kaca diperluas ke tepi, lalu ukuran bezel jadi lebih tipis sehingga memaksimalkan ruang display. Motorola mengklaim, Moto 360 memiliki rasio layar dan tubuh paling tinggi di antara smartwatch saat ini. Bagian lugs turut dirancang supaya tetap cocok dipakai oleh pria dan wanita. Untuk menyempurnakan ketahanan strukturnya, sang produsen melapisi layar dengan Corning Gorilla Glass 3.

Seperti 1st gen, display Moto 360 tidak betul-betul bulat. Ada sedikit potongan di sisi bawah. Ternyata di sanalah Motorola Mobility meletakkan sensor. Ia memang tidak tampil 'seutuh' beberapa smartwatch kompetitor, namun tim desainer sanggup menjaga tubuhnya tetap ramping - tebalnya hanya 11,4-milimeter. Moto 360 2nd-gen terbagi dalam dua model: varian 42mm (tersedia untuk pria dan wanita) berlayar IPS 1,37-inci 360x325-pixel dan tipe 46-milimeter dengan layar 1,56-inci 360x330-pixel.

Premis Moto 360 adalah menyalurkan notifikasi smartphone ke pergelangan tangan Anda. Melalui cara ini, Anda dapat selalu mengetahui update atau membalas pesan via suara tanpa perlu mengeluarkan handset dari tas atau kantong saku. Platform Android Wear menangani sisi software dari smartwatch, dan ia kompatibel ke perangkat-perangkat Android 4.4 atau yang lebih baru.

Anda dipersilakan memilih watch face serta mengustomisasi Live Dials - misalnya mengatur dial untuk menunjukkan indikator baterai, memperlihatkan informasi cuaca dan data statistik tubuh. Motorola juga ingin mendorong penggunanya hidup lebih sehat, Moto 360 bisa mengetahui jumlah langkah, kalori yang terbakar, serta detak jantung Anda. Ia dapat mengingatkan kita agar tidak lupa berolahraga.

Dengan tersambung ke smartphone, Moto 360 dapat menampilkan 'kartu-kartu' Google Now, menyajikan fitur search (Google Search), navigasi (Google Maps), sampai memutar musik (Google Play Music). Smartwatch juga bisa terintegrasi ke bermacam-macam aplikasi fitness, Evernote, dan lain-lain.

Di dalam, Moto 360 ditenagai system-on-chip Qualcomm Snapdragon 400 dengan prosesor quad-core berkecepatan 1,2GHz dan GPU Adreno 305 450MHz. Ada memori RAM 512MB dan penyimpanan internal sebesar 4GB. Versi 42mm mengusung baterai 300mAh, dikatakan sanggup bertahan sampai satu setangah hari; sedangkan tipe 46mm-nya ditenagai baterai 400mAh, maksimal menyala hingga dua hari.

Rangkaian sensor Moto 360 meliputi accelerometer, cahaya ambient, gyroscope, GPS serta engine getaran/haptics. Untuk konektivitas, smartwatch mengandalkan Bluetooth 4.0 LE dan Wi-Fi 802.11 b/g; serta tak lupa dibekali sepasang microphone digital.

Rencananya, ada empat varian Moto 360 yang akan hadir di Indonesia. Mereka ialah Cognac Leather (46mm), Rose Gold Special Edition (42mm), Black Leather (42mm), dan Sport Black Edition (45mm). Cognac Leather dan Black Leather dijadwalkan untuk memimpin pendaratan Moto 360 di nusantara. Mereka berdua sudah bisa di-pre-order lewat Blibli, DinoMarket, Lazada, Bhinneka dan Erafone sampai tanggal 28 Maret 2016 nanti. Moto 360 Rose Gold Special Edition sendiri cuma bisa diperoleh dari Blibli dan DinoMarket.

Tiap model dijajakan di harga berbeda, dan di masa pre-order ini, Lenovo mengadakan program cashback sampai Rp 1 juta:

  • Cognac Leather (46mm) - Rp 5,8 juta
  • Rose Gold Special Edition (42mm) - Rp 5,3 juta
  • Black Leather (42mm) - Rp 5 juta
  • Sport Black Edition (45mm) - Rp 5 juta

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter