12 January 2015

by Aditya Daniel

Bersihkan Mac dengan Aplikasi Pintar CleanMyMac

Salah satu hal yang dapat menyebabkan menurunnya performa di perangkat Mac adalah menumpuknya caches file, log dan berbagai macam file pendukung.

File ini merupakan file yang dihasilkan oleh aplikasi yang terinstal, dan seiring dengan berjalannya waktu jumlah file ini akan menumpuk dan memakan ruang penyimpanan di perangkat Mac.

Namun kini permasalahan ini segera terselesaikan karena ada sebuah aplikasi bernama CleanMyMac, yang akan membersihkan perangkat Mac dengan pintar.

CleanMyMac memilik algoritma pintar yang dapat memilah file mana yang akan dihapus. Selain itu, dalam proses scanning dalam CleanMyMac juga telah dioptimasi sehingga dapat terbilang cepat.

Ada 11 kategori files yang diseleksi oleh CleanMyMac sebelum dapat dipilih oleh pengguna mana yang akan dihapus dan tidak. Termasuk file dukungan bahasa yang ada dalam aplikasi. Pengguna dapat menghapus dukungan file bahasa yang tak dibutuhkannya.

Tak hanya file caches, CleanMyMac juga dapat mencari file yang berukuran besar yang mungkin terlupakan oleh penggunanya. Sehingga pengguna dapat memutuskan untuk memindahkannya dulu ke ruang penyimpanan lain seperti harddisk external sebelum menghapusnya. Terintegrasi dengan iPhoto, CleanMyMac juga dapat membersihkan photo library yang tersimpan.

 

Info menarik: Audi Virtual Cockpit Gabungkan Konsep Tradisional dan Modern

 

Pengguna juga bisa menjadwalkan kapan CleanMyMac akan mengirimkan pengingat untuk menjalankan pembersihan. Selain fitur yang telah disebutkan di atas, CleanMyMac juga dilengkapi dengan fitur untuk untuk melakukan uninstall dari aplikasi yang terpasang beserta seluruh file pendukungnya.

Fitur ini juga dapat memiliki data mengenai kapan terakhir kali sebuah aplikasi dibuka sehingga pengguna bisa mengetahui aplikasi mana yang sudah lama tak digunakan atau tak lagi diperlukan.

Tak ketinggalan pula fitur Eraser yang dapat digunakan untuk menghapus file tanpa ada jejak. Dengan fitur ini CleanMyMac akan benar-benar menghapus file tanpa ada kesempatan bagi pengguna untuk me-recover folder atau file yang sudah dihapusnya. Cukup drag dan drop dari Finder ke tab Eraser di CleanMyMac

Dengan lengkapnya fitur yang ditawarkan, CleanMyMac menjadi pilihan aplikasi yang harus dimiliki di daftar saya. Jika dirasa Mac yang dimiliki berjalan terlalu lambat atau tak lagi memberikan performa yang optimal, maka sudah saatnya Anda mencoba CleanMyMac yang ditawarkan dengan harga $39.95 untuk satu license aplikasinya.


Baca juga bahasan tentang Mac berikut ini:

Kelola File Secara Otomatis di Mac dengan Hazel

Bekerja Tanpa Distraksi di Mac Dengan Houdini

Tips Mengorganisir Screenshot Pada Perangkat Mac

Tips Mengecek Kondisi dan Kalibrasi Baterai di Mac