Categories

Interview

Bertujuan Bantu Masyarakat yang Membutuhkan, Social Startup Geevv Didirikan

Situs mesin pencari yang juga berfungsi sebagai platform donasi, didirikan oleh dua mahasiswa

Yenny Yusra - 28 October 2016

Berawal dari ide untuk menciptakan kehidupan lebih baik bagi masyarakat yang kurang mampu di Indonesia, social startup Geevv didirikan. Diinisiasi oleh dua mahasiswa yaitu CEO dan Founder Azka A Silmi dan Co-founder Andika Deni Prasetya, Geevv adalah situs mesin pencari yang bisa digunakan oleh masyarakat umum untuk mendapatkan informasi secara online sekaligus memberikan donasi kepada mereka yang membutuhkan.

"Setelah melalui berbagai pertimbangan, saya melihat saat ini sudah banyak social startup yang muncul, namun kebanyakan dari mereka hanya menjembatani orang-orang yang membutuhkan dengan orang yang memiliki resource untuk menolong. Lalu bagaimana dengan orang-orang yang ingin membantu sesama, tapi tidak memiliki resource (dalam hal ini uang). Muncullah gagasan untuk mengawinkan konsep search engine dan donasi," kata Azka kepada DailySocial.

Geevv tidak hanya memberikan informasi yang dicari tapi juga kesempatan untuk berdonasi tanpa mengeluarkan uang secara langsung. Geevv berkomitmen untuk mendonasikan 80% profit dari penghasilan iklannya untuk program sosial dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pengentasan kemiskinan.

Iklan, sebagai sumber penghasilan Geevv, nilainya bergantung pada setiap pengguna yang melakukan pencarian. Artinya setiap pengguna secara tidak langsung telah melakukan donasi dengan menggunakan Geevv. Ketika ikut berkontribusi melalui Geevv, selain mendapatkan keuntungan bisnis melalui iklan, pihak swasta secara tidak langsung telah berdonasi dan melakukan tindakan pro sosial.

"Monetisasi bisnis kami adalah menggunakan iklan seperti adwords dan ads banner. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan potensi monetisasi yang ada untuk memperbesar manfaat sosial yang ingin kami ciptakan," kata Azka.

Investor dan target Geevv tahun 2017

Dua pendiri Geevv, Azka A Silmi dan Andika Deni Prasetya

Saat ini, Geevv menjalankan usahanya secara bootstrapping dan telah mendapatkan pendanaan dengan angka yang tidak bisa disebutkan. Pendanaan tersebut berasal dari sebuah perusahaan Family Office Investment di Indonesia bernama RnB Fund. Untuk mempromosikan Geevv kepada masyarakat Indonesia, Geevv merupakan bisnis yang memfokuskan diri pada niche market. Strategi marketing yang digunakan berfokus pada audiences yang sangat spesifik. Oleh karena itu, walaupun channel-channel yang digunakan adalah channel mainstream namun penargetannya lebih spesifik.

"Kami tidak hanya menggantungkan diri pada digital marketing tapi juga upaya-upaya below the line marketing yang bisa digunakan efektif karena target yang jelas dan terasa lebih dekat," kata Azka.

Di tahun 2017 mendatang, Geevv menargetkan dapat mengambil 1% market share mesin pencari di Indonesia. Selain itu, belajar dari pengalaman beberapa mesin pencari lokal di negara-negara seperti Rusia, Vietnam dan Tiongkok, Geevv berharap di tahun 2017 bisa mendapatkan dukungan pemerintah secara langsung.

"Diharapkan Geevv nantinya dapat menjadi media sinergis antara pemerintah, swasta, masyarakat dan organisasi sosial untuk menciptakan Indonesia dengan akses kesehatan dan kualitas pendidikan yang baik," tutup Azka.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter