Categories

Gadget

Better Re Sulap Baterai Milik Smartphone Lawas Anda Menjadi Power Bank

Glenn Kaonang - 20 May 2015

Coba kita hitung bersama-sama, ada berapa smartphone lawas kita yang tidak sempat terjual? Seperti yang kita semua alami, setiap tahun sebagian besar dari kita tergoda untuk membeli smartphone baru. Kalau kita beruntung, smartphone lama itu bisa jatuh di tangan pemilik baru, tapi kalau tidak, semua kecanggihannya terpaksa diabaikan di dalam sebuah laci di kamar.

Komponen-komponen elektroniknya mungkin sudah tidak bisa kita manfaatkan secara langsung, tapi bagaimana dengan baterainya? Kemungkinan besar, baterai smartphone yang baru dipakai selama satu tahun masih bisa berfungsi dengan normal dan daya tahannya masih oke. Jadi, kenapa tidak kita manfaatkan saja baterai tersebut?

Sebuah proyek Kickstarter bernama Better Re tampaknya ingin merealisasikan gagasan tersebut. Better Re tidak lain merupakan sebuah casing untuk mengakomodasi baterai smartphone yang tidak terpakai, menyulapnya menjadi sebuah power bank untuk smartphone atau tablet baru Anda.

Info menarik: Kraftwerk, Power Bank Unik Bertenaga Gas

Wujud Better Re sendiri tidak jauh berbeda dari power bank pada umumnya, lengkap dengan indikator LED di sisi luarnya. Rangkanya terbuat dari aluminium dengan bermacam finish, plus lapisan kayu walnut dan maple di sisi atas dan bawahnya.

Saat dibuka, tampak ruang kosong yang siap menampung baterai smartphone dalam beragam ukuran; dimensi baterai maksimum yang bisa diakomodasi adalah 58,5 x 97,8 x 6,5 mm, cukup besar untuk sebuah baterai. Di bagian bawah, terdapat pembatas yang bisa diatur posisinya sehingga Anda juga bisa menyelipkan baterai berukuran kecil.

Karena menggunakan baterai pilihan Anda sendiri, maka kapasitas Better Re pun bergantung pada daya milik baterai yang dijejalkan. Better Re memiliki output tegangan sebesar 5 V dan arus 2 ampere. Pihak pengembangnya, Enlighten, mengklaim Better Re mampu mengisi penuh baterai iPhone 6, yang berkapasitas 1.810 mAh, hanya dalam waktu kurang dari 55 menit.

Info menarik: Ampere, Power Bank Plus Wireless Charger Jadi Satu

Kalau Anda memerlukan kapasitas yang lebih, Anda bisa menumpuk sejumlah Better Re sekaligus. Bodinya mengemas sebuah dock khusus berbasis magnet yang bisa disambungkan. Hal ini memang menjadikan fisiknya lebih tebal, akan tetapi secara teori kapasitasnya bisa dilipatgandakan.

Anda sudah bisa memesan Better Re melalui laman Kickstarter-nya seharga $49. Setiap $10 yang ditambahkan pada pledge Anda, pihak pengembang Better Re akan memberikan baterai smartphone bekas dengan kapasitas antara 2.800 - 3.400 mAh – ideal jika smartphone bekas Anda tidak bisa dilepas baterainya.

Sumber: Kickstarter via Gizmag.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter