Categories

Gadget

Betulkah Harga dan Spesifikasi Nintendo NX Telah Bocor?

Nintendo mengangkat moto 'interact with your game on the go' dan mengusung branding Mario.

Yoga Wisesa - 12 October 2016

Satu hal yang jadi pertanyaan besar bagi konsumen dan para pemain di industri game adalah, apakah kita sedang melihat akhir dari perjalanan console, atau mungkinkah dengan segala konsep uniknya, Nintendo NX memicu dimulainya era console generasi kesembilan? Sayangnya hingga kini, sang raksasa spesialis hardware dan software hiburan asal Kyoto itu masih enggan berkomentar.

Terlepas dari bungkamnya Nintendo, bocoran mengenai NX terus mengalir di tahun ini, arusnya kian deras mendekati 2017. Kabarnya, device merupakan platform game hybrid antara home console dan handheld, didukung fitur backward compatibility, mempunyai controller mirip HTC Vive, bahkan Nintendo diketahui berniat merilis permainan Zelda, Mario dan Pokémon baru di sana.

Melengkapi data-data menarik di atas, kali ini giliran spesifikasi dan harga NX yang bocor. Sumbernya ialah pengguna Reddit ber-username FlapSnapple, informasi tersebut ia peroleh dari laporan salah satu staf perusahaan retail ternama. Identitas sang narasumber diklaim telah dikonfirmasi dan juga sudah didukung bukti-bukti memadai. Menurut FlapSnapple, verifikasi sangatlah penting karena beberapa orang tak segan memanfaatkan 3D printer untuk membuat berita palsu.

FlapSnapple menyingkap info spesifikasi melalui beberapa poin. Nintendo mengangkat moto 'interact with your game on the go' (nikmati game Anda dalam perjalanan) di sebuah poster dan mengusung branding Mario. Narasumber menyebutkan kemampuan NX dalam menghidangkan konten 4K, tapi kemungkinan besar untuk streaming video dan bukan game. Buat gameplay sendiri, console boleh jadi sanggup suguhkan permainan di resolusi 1080p dan 60 frame rate per detik. Namun ada probabilitas, resolusi maksimalnya adalah 900p.

Sang informan turut mengungkap harga 'dasar' NX, yaitu US$ 300. Konten didistribusi melalui cartridge, dan Nintendo dirumorkan berencana melepas setidaknya empat game buat menemani perilisan hardware. Produsen dikabarkan akan menyediakan opsi bundel seharga US$ 400, tapi isinya belum diketahui. Demo unit dijadwalkan untuk tersedia di toko bulan Februari 2017.

Berbicara bundel, packacking NX akan sedikit lebih besar dari punya Wii U, dengan kombinasi warna putih dan biru. Sayang sekali belum ada bocoran mengenai nama asli NX, dan FlapSnapple juga bilang, area yang biasa dipakai buat menaruh deskripsi hardware telah di-blur oleh Nintendo.

Tentu saja ada peluang cukup besar laporan di atas keliru, dan untuk info resminya, kita harus menunggu dengan sabar hingga Nintendo memberikan update. Berdasarkan hasil pertemuan bersama investor di bulan April silam, NX rencananya akan meluncur di bulan Maret 2017.

Via Tech Radar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter