Categories

Internet

Betulkah Valve Sedang Mengembangkan Platform Video Streaming ala Twitch?

Valve sudah mengonfirmasi eksistensinya, dan menyampaikan bahwa Steam.tv adalah 'update untuk fungsi Steam Broadcasting'.

Yoga Wisesa - 20 August 2018

Saat ini, nama Valve hampir selalu diasosiasikan dengan layanan distribusi digital terbesar kreasi mereka. Namun sebelum reputasi tersebut mereka peroleh, Valve lebih dikenal konsumen sebagai developer game. Proyek pengembangan permainan video yang mereka lakukan bisa dihitung jari, namun Valve sudah cukup sering menggagas sejumlah ide radikal.

Setelah prakarsa Steam Machines datang dan pergi, kali ini Valve Corporation diketahui tengah mencoba menggarap platform stream video bernama Steam.tv. Eksistensinya pertama kali diketahui oleh pengguna Twitter Pavel Djundik akhir minggu lalu. Di awal momen kemunculannya, situs hanya menampilkan tulisan ‘Selamat datang di Steam.tv’; dan berdasarkan sertifikasi, Steam.tv merupakan website resmi punya Valve.

Tak lama, Valve tiba-tiba meluncurkan live stream dari The International 2018 dan membubuhkan chat bar. Waktu itu, Steam.tv hanya diisi oleh konten stream. Namun menariknya, di sana kita bisa log-in ke akun Steam serta mengakses daftar kawan. Berdasarkan laporan dari CNET, situs ini bahkan turut ditunjang fitur voice chat jika diakses dari browser Google Chrome.

Steam.tv kabarnya menyuguhkan interface yang lebih baik dari page Steam Broadcast yang sudah ada. UI-nya menyediakan cukup ruang untuk menambahkan tab/windowchat, namun fungsi-fungsi di sana sepertinya masih belum sepenuhnya rampung. Namun buat sekarang, jika Anda pergi mengunjungi Steam.tv, website hanya akan menampilkan laman kosong – karena telah dinonaktifkan.

Lalu apakah benar Steam.tv benar-benar merupakan proyek baru yang tengah Valve kerjakan? Kabar baik, sang developer telah mengonfirmasi keberadaannya. Saat ini, Valve mengaku sedang melakukan pengujian, dan kemunculannya minggu lalu adalah kejadian tidak disengaja.

“Kami tengah mempersiapkan update untuk Steam Broadcasting buat menayangkan acara utama perhelatan The International 2018, yaitu turnamen tahunan Dota 2,” tutur perwakilan Valve Corp. via PC Gamer. “Yang khalayak lihat belum lama ini adalah tampilan uji coba, yang secara tak disengaja terungkap ke publik.”

Ajang The International 2018 rencananya digelar mulai hari ini tanggal 20 Agustus, dan akan berlangsung sampai tanggal 25 Agustus nanti. Kita boleh berasumsi, stream pertandingkan dan fitur-fitur Steam.tv dapat dinikmati dalam waktu dekat.

Meskipun Valve baru bilang bahwa Steam.tv hanya dikhususkan buat menampilkan pertandingan The International 2018, ada cukup besar peluang developer akan memperluas fungsi serta kontennya. Dengan jumlah pengguna Steam yang begitu banyak, saya rasa Valve tidak mau membuang-buang kesempatan untuk menciptakan platform video stream buat menandingi Twitch dan YouTube Gaming…

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter