25 November 2014

by Bambang Winarso

Bingung Bikin Grafik? Coba Tool Baru Dari Layanan Medium Ini

Jejaring sosial medium baru saja merilis sebuah tool baru yang dijuluki Charted. Sebuah tool gratis yang menawarkan kemampuan dalam mengubah data menjadi grafik yang terlihat lebih atraktif. Dengan grafik yang lebih menarik, bukan mustahil persentasi Anda akan membuat calon klien lebih terkesan.

Charted ini adalah tool yang dapat diakses secara online oleh siapapun dengan gratis. Charted ini awalnya dibuat oleh tim Product Science di Medium sebagai alat analisis data internal mereka, namun kemudian mereka memutuskan untuk membuka akses Charted untuk siapa saja yang membutuhkan, jadi pengguna umum bisa mendapatkan manfaat yang sudah mereka rasakan selama menggunakannya.

Penggunannya pun sangat mudah, sobat yang ingin mencoba cukup memasukkan tautan file data dalam format csv, misalnya dari Google Drive atau dari Dropbox. Selanjutnya program piranti lunak Charted akan menkonversikan data tersebut ke dalam bentuk grafik dengan bentuk yang lebih menarik dan bisa dimodifikasi sesuai keinginan.

Charted dirancang dengan kemampuan menganalisa data secara otomatis, memastikan Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk mengotak-atik berbagai opsi sebagaimana di aplikasi lainnya. Jangan khawatir soal ukuran, Charted dapat menyesuaikan ukuran grafik dengan perangkat yang digunakan.

Plus, Charted juga menghasilkan tautan permalink yang dapat Anda pergunakan untuk berbagi grafik dengan tim, atasan atau kolega Anda. Bahkan Anda dapat mengaplikasikan fitur-fitur milik Charted secara live saat sedang memberikan laporan atau di sesi persentasi.

Medium juga menjabarkan panjang lebar bagaimana cara kerja Charted dan juga prinsip utama layanan ini. Menurut mereka, Charted sepenuhnya aman karena tidak menyimpan data yang diberikan. Charted hanya akan menarik angka-angka di dalam file, kemudian menganalisa data tersebut dan mengubahnya ke dalam bentuk visual.

Program di dalamnya juga tidak dirancang untuk mengubah atau memanipulasi data yang diberikan. Grafik 100% adalah hasil dari analisa data, sehingga angka-angka dan perhitungannya haruslah sudah terdapat di dalam data tersebut.

Medium sendiri merupakan salah satu layanan penerbitan atau blog yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan tulisan. Layanan ini bisa menjadi alternatif selain layanan blog atau penerbitan lain seperti Blogspot, WordPress, Tumblr, dll.

Bagi sobat yang tertarik untuk menjajal Charted, silahkan ke tautan ini.

Sumber berita TheNextWeb dan gambar header Medium.