24 November 2016

by Glenn Kaonang

Bintang 5 Saja Kurang, Beri Sticker Pujian pada Driver Uber Anda

Lebih praktis dan menyenangkan ketimbang mengungkapkan rasa terima kasih dalam bentuk teks

Sudah bukan rahasia apabila driver Uber mendambakan rating bintang lima untuk setiap penumpang yang mereka layani. Sebagai penumpang, terkadang kita ingin memberikan lebih dari sekadar bintang guna menyampaikan rasa terima kasih yang mendalam karena sudah dijemput dan diantar dengan selamat, diselipi oleh sejumlah percakapan yang menyenangkan selama perjalanan.

Untuk itu, Uber pun memperkenalkan fitur baru bernama Compliments. Fitur ini sederhananya akan melengkapi sistem rating Uber dengan cara yang lebih praktis sekaligus menyenangkan ketimbang hanya mengungkapkannya dalam bentuk teks.

Ada bermacam sticker pujian yang bisa diberikan kepada sang driver / Uber

Jadi setibanya di tujuan, penumpang akan dimintai rating bintang seperti biasa, tapi setelahnya, mereka juga bisa memberikan sticker pujian buat sang sopir. Sticker-nya sendiri ada bermacam-macam, masing-masing mewakili aspek yang patut dipuji dari si driver; entah beliau orangnya ramah dan sigap membukakan pintu serta menggotongkan barang bawaan, atau sekadar pandai menghindari rute-rute yang macet tanpa membuat tarifnya jadi bengkak.

Sebuah notifikasi akan muncul di tampilan homescreen aplikasi sang driver setiap kali ia menerima pujian dari penumpangnya. Kesannya memang sepele, tapi setidaknya hal ini bisa mendorong mereka untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik.

Pun demikian, sejauh ini tidak ada informasi apakah fitur ini juga tersedia di Indonesia mengingat Uber meluncurkannya dalam rangka memperingati Thanksgiving Day di AS. Semoga saja kita juga kebagian jatah, sebab saya terkadang ingin memberikan kesan ekstra tapi terlalu malas untuk mengetikkan catatan tambahannya. :)

Sumber: Uber.