10 February 2017

by Yoga Wisesa

Bisa Jalankan Pong Sampai Terraria, Gameband Ialah Smartwatch-nya Para Gamer

Atari dan Re-Logic selaku developer Terraria turut mendukung pengembangan smartwatch ini.

Sejauh ini, mayoritas smartwatch dirancang sebagai ekstensi dari smartphone sehingga Anda bisa mengecek pesan dan membaca notifikasi secara ringkas. Beberapa device juga memiliki kapabilitas tracking canggih, atau mungkin disiapkan buat menarik perhatian kalangan tertentu, satu contohnya ialah Razer Nabu Watch yang sempat membuat para gamer tergoda.

Masalahnya, satu-satunya hal yang mengaitkan Razer Nabu Watch dengan kegiatan gaming adalah perangkat tersebut dibuat oleh produsen gaming gear ternama di dunia. Berbeda dari device kreasi tim FMTwo Game Inc. bernama Gameband ini, karena ia merupakan 'smartwatch gaming' sejati. Alasannya sederana, Gameband dibekali hardware bertenaga sehingga mampu menjalankan permainan-permainan seperti Pong sampai Terraria.

Gameband mengusung layar AMOLED persegi seluas 1,6-inci, dengan penampilan yang terinspirasi dari persenjataan dan peralatan di dalam video game, dikerjakan oleh tim Matter Global (portfolio-nya meliputi proyek bersama Samsung, Google, Sonos dan Logitech). Frame tubuhnya terdiri dari dua bagian, didesain agar kuat dan siap menemani penggunanya beraktivitas seharian. Produsennya menyajikan banyak pilihan strap; tersedia bahan silikon, kanvas dan kulit.

Kabar gembiranya lagi buat para gamer, Atari turut membantu FMTwo Game Inc. buat meramu Gameband, memungkinkan kita menikmati permainan-permainan klasik - misalnya Pong dan Centipede. Sebagai bentuk apresiasi, developer menyediakan Gameband versi terbatas 'Atari Edition'. Bedanya, ia mengusung frame berwarna merah khas Atari dengan logo perusahaan gaming legendaris itu di strap-nya.

Dan tak hanya Atari, Re-Logic selaku developer dari Terraria turut mendukung penuh penggarapan Gameband. Di hari perilisannya nanti, permainan sandbox 2D ala campuran Metroid dan Minecraft tersebut bisa segera dimainkan di Gameband. Selain itu, smartwatch ini mengadopsi sejumlah elemen desain dan gambar-gambar Terraria. Lalu Re-Logic dan FMTwo Game Inc. kabarnya juga tengah mengembangkan versi 'mini-game' Terraria, cuma bisa dimainkan secara eksklusif di sana.

FMTwo Game Inc. mengandalkan chip Qualcomm Snapdragon Wear 2100 sebagai otak dari Gameband, lalu membubuhkan RAM sebesar 512MB, dipadu ROM eMMC 4GB. Anda bisa memperluas penyimpanan internal itu dengan menambahkan kartu microSD ke slot yang tersedia. Smartwatch sudah dilengkapi port USB type-C, sambungan Wi-Fi dual-band 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.2, sensor accelerometer, gyroscope dan cahaya, serta ditenagai baterai 400mAh.

Gameband bisa Anda pesan sekarang di situs Kickstarter. Selama periode crowdfunding masih berlangsung, device dijajakan di harga mulai dari US$ 150, rencananya akan didistribusikan di bulan September 2017.