27 December 2017

by Yoga Wisesa

Bisa Menyala Sepanjang Tahun, Smartband Garmin Vivofit 4 Mendorong Kita Hidup Lebih Aktif

Vivofit 4 dirancang agar kita bisa memakainya terus-menerus, bahkan ketika mandi ataupun berenang.

Mulai tersedia di 2014, Vivofit ialah activity tracker terjangkau persembahan Garmin buat Anda yang ingin mendapatkan informasi up-to-date terkait tubuh. Keluarga Vivofit terus berkembang, dan sang produsen telah memperkenalkan generasi kedua, ketiga, hingga varian untuk anak-anak. Dan di versi terbarunya, Garmin memberikan jawaban atas kekurangan umum dari mayoritas smartband.

Di tanggal 26 Desember 2017 kemarin, Garmin resmi mengumumkan Vivofit 4. Fungsi utama smartband ini tak berbeda dari pendahulunya, namun aspek yang paling mengagumkan terletak pada daya tahan baterainya: Vivofit 4 dapat tetap aktif sepanjang tahun tanpa perlu di-charge. Ia sengaja didesain agar kita bisa memakainya terus-menerus, bahkan ketika mandi ataupun berenang.

"Efektivitas dari activity tracker bergantung dari seberapa sering Anda mengenakannya, dan di sinilah Vivofit 4 unggul: sesudah dipakai, Anda dapat melupakannya," tutur vice president Garmin Dan Bartel. "Vivofit 4 merupakan perangkat ideal bagi konsumen yang menginginkan fitness tracker andal tapi tak mau direpotkan oleh proses isi ulang baterai."

Penampilannya hampir serupa Vivofit generasi ketiga. Modul tracker ditempatkan di dalam strap karet dengan buckle ala jam tangan. Total bobot hanya 25-gram, dengan lebar 19mm dan ketebalan 9,4mm. Di sana, Anda disuguhkan layar transflective 8-color memory-in-pixel bersolusi 88x88p seluas 11x11-sentimeter. Berbeda dari LED, panel transflective memastikan tulisan tetap terlihat jelas bahkan ketika Anda berada di bawah sinar matahari langsung.

Begitu disambungkan ke smartphone, Vivofit 4 bisa segera melacak langkah, waktu tidur, intensitas olah fisik per menit, dan jumlah pembakaran kalori. Perangkat juga mendorong kita untuk tetap aktif, ditunjukkan oleh bar berwarna di layar - pelan-pelan terisi jika Anda diam dalam waktu lama. Ketika penuh, Vivofit 4 akan mengingatkan kita buat menggerakkan badan. Tentu saja, Anda dipersilakan mempersonalisasi target harian melalui aplikasi.

Fitness tracker ini turut dilengkapi oleh Move IQ, yaitu fitur pintar yang memungkinkan Vivofit 4 mendeteksi jenis gerakan Anda dan mengkategorikannya secara otomatis; misalnya berjalan, belari, atau berenang. Hebatnya lagi, sewaktu ia mengetahui Anda sedang berjalan atau berlari, Move IQ akan langsung mengaktifkan fungsi timer. Selanjutnya, data dapat dilihat lebih detail di Garmin Connect.

Vivofit 4 tersedia dalam pilihan warna putih, hitam serta hitam dengan titik-titik hijau; ada pilihan ukuran kecil, sedang, dan besar. Produk ini dibanderol US$ 80, dan Garmin tak lupa menawarkan aksesori tambahan serta strap pengganti seharga US$ 20 sampai US$ 30.

Sumber: Garmin.