3 Contoh Bisnis Model Canvas Sederhana untuk Memulai Bisnis Online

Tiga contoh bisnis model canvas ini bisa kamu tiru dan jadikan inspirasi untuk bisnis online milikmu.

Saat ini, banyak sekali peluang bisnis online yang prospek di masa depan. Fakta tersebut memang menggiurkan, tapi masih banyak yang bingung untuk memulainya. Sebelumnya, kami telah membagikan tips untuk memulai bisnis online.

Selain tips tersebut, kamu juga harus merancang bisnismu dengan matang, misalnya dengan membuat business plan. Namun, kamu bisa membuatnya lebih ringkas menggunakan bisnis model canvas.

Memangnya apa yang dimaksud bisnis model canvas? Simak terus informasi lengkap mengenai pengertian bisnis model canvas di bawah ini. Tak lupa, kami juga telah merangkum tiga contoh bisnis model canvas sederhana yang bisa kamu tiru.

Apa itu Bisnis Model Canvas?

Bisnis model canvas merupakan kerangka visual dari rencana bisnis yang akan kamu rancang. Bisnis model canvas sendiri dipelopori oleh seorang entrepreneur Swiss, Alexander Osterwalder pada tahun 2005.

Hampir sama dengan business plan, fungsi bisnis model canvas adalah untuk menjabarkan rencana strategi seperti apa yang akan kamu lakukan untuk bisnismu. Hanya saja, bisnis model canvas memiliki bentuk yang lebih mudah dipahami secara visual.

Lihat gambar di bawah ini. Kamu bisa mengunduh template bisnis model canvas ini dalam bentuk PDF, Google Docs, PowerPoint, dsb. secara gratis melalui link berikut.

Jika diperhatikan kembali, terdapat 9 elemen yang harus diisi dalam kerangka tersebut. Pada dasarnya, masing-masing elemen tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk lebih memahaminya, kamu bisa mempelajari setiap elemen plus tips cara membuat bisnis model canvas di sini.

Contoh Bisnis Model Canvas Makanan

Sekarang kita masuk ke segmen kumpulan contoh bisnis model canvas. Yang pertama adalah contoh bisnis model canvas di industri makanan. Di sini, kami memberi contoh produk makanan jadul yang cukup menjadi tren makanan kekinian saat ini.

Selain unsur vintage, kami juga mengusung nilai instagrammable agar dapat menarik lebih banyak konsumen. Perhatikan contoh berikut.

Contoh Bisnis Model Canvas Minuman

Selanjutnya, industri minuman juga cukup menyita perhatian. Entah itu kopi berbagai varian, minuman boba, kopi dalgona, varian chocolate blend, dll. Untuk contoh kali ini, kami menggunakan tren minuman boba yang sedang naik daun.

Sebenarnya, sudah banyak yang berbisnis minuman boba. Jika kamu tertarik untuk terjun ke tren tersebut, maka kamu harus menentukan keunikan minuman boba milikmu dengan kompetitor yang lain. Lihat contoh ini.

Contoh Bisnis Model Canvas Online Shop

Terakhir, contoh bisnis model canvas yang akan dibahas adalah online shop yang menjual frozen food. Saat ini, cukup banyak UMKM yang menyediakan diversifikasi produk berupa frozen food. Tak jarang pula frozen food justru menjadi produk utama dari online shop tersebut.

Kamu pasti sering menemui produk frozen food seperti dimsum, roti maryam, bakso aci, nugget, dan masih banyak lagi. Frozen food sendiri menjadi banyak pilihan orang untuk dikonsumsi karena nilai praktisnya.

Namun, karena sudah banyak yang melirik peluang bisnis ini, maka kamu harus merencanakan strategi matang untuk membuat bisnismu standout dari yang lain. Misalnya dengan membentuk branding frozen food sehat sebagai solusi dari anggapan bahwa kebanyakan frozen food adalah junk food.

Perhatikan contoh ini.

Begitulah kumpulan contoh bisnis model canvas sederhana yang bisa kamu aplikasikan ke bisnis online milikmu sendiri. Semoga informasi ini dapat menjadi inspirasi untuk bisnismu!

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again