DScovery

5 Ide Bisnis Online untuk Pemula Tanpa Modal yang Menguntungkan

Berikut beberapa inspirasi bagi yang belum pernah melakukan bisnis online, tanpa biaya sepeserpun.

Bisnis online kini gencar dilakukan banyak orang. Tak heran, peluangnya yang semakin luas membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Bahkan, beberapa bisnis online bisa dijalankan tanpa mengeluarkan modal sepeserpun.

Nah, embel-embel tanpa modal ini tentu saja menggiurkan. Kamu belum pernah melakukan bisnis online sebelumnya? Tenang saja. Kami telah merangkum daftar bisnis online yang menguntungkan untuk pemula, tanpa modal sedikitpun.

Kumpulan bisnis online ini akan sangat cocok bagi pelajar maupun sebagai bisnis rumahan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Freelance

Bisnis online pertama yang sangat menguntungkan adalah menjadi pekerja lepas atau freelance. Kamu bisa ‘menjual’ jasa melalui kemampuan yang kamu miliki. Saat ini, ada banyak jasa yang ditawarkan secara freelance. Kamu hanya perlu mencocokkan peluang dengan kemampuan yang kamu miliki saja.

Menjadi freelancer sendiri bisa kamu lakukan dengan dua cara. Pertama, kamu bisa menawarkan jasamu melalui situs freelance. Saat ini, sudah banyak situs freelance yang bisa kamu gunakan, baik dari lokal maupun luar negeri.

Lalu yang kedua, kamu bisa menjadi freelancer independen. Maksudnya, kamu memasarkan jasamu dengan strategimu sendiri. Misalnya melalui media sosial milikmu atau memasang digital ads, dsb. Kamu juga bisa menggabungkan situs freelance sebagai salah satu taktik pemasaranmu.

Dropshipper

Bisnis online satu ini sangat disukai banyak orang. Dropshipping sendiri hampir mirip dengan reselling yaitu memasarkan atau mempromosikan produk dari bisnis lain. Selain hemat karena tanpa modal, kamu juga tak perlu repot menyimpan stok barang yang akan dijual.

Selain tak butuh modal, kamu juga bisa menghemat biaya lainnya seperti penyediaan gudang barang, maintenance barang, dll. Ini memang kelebihan menjadi dropshipper daripada reseller. Cara kerjanya juga mudah. Pembeli yang tertarik membeli akan mentransfer uang pembelian ke dropshipper.

Kemudian, dropshipper akan meneruskan uang pembelian (yang dipotong keuntungan dropshipper) ke penjual beserta informasi kontak pembeli. Terakhir, penjual akan mengirimkan barang ke alamat pembeli. Sangat mudah bukan?

Affiliate Marketing

Menjadi affiliate marketing memang menjadi tren bisnis online baru. Cara kerjanya hampir mirip dengan dropshipper, tetapi unsur yang ditonjolkan adalah kamu seakan menjadi micro-influencer dari produk yang kamu promosikan.

Setelah mempromosikan produk, kamu kinerjamu akan dihitung sesuai berapa banyak produk yang terjual dari promosi yang telah kamu lakukan. Setelah itu, perusahaan terkait akan memberi komisi sesuai target produk yang kamu hasilkan.

Besar komisi sendiri tergantung dari kesepakatanmu dengan penjual. Simak artikel berikut untuk memahami tips menjadi affiliate marketing yang sukses.

Jastip

Menjalankan jasa titip atau jastip adalah cara paling ampuh untuk mulai membuka usaha online shop sendiri karena tak perlu modal besar. Jastip sendiri dilakukan ketika konsumen ingin membeli barang yang diproduksi di luar daerahnya tapi tak bisa membeli secara langsung, misalnya luar kota atau luar negeri.

Karena keterbatasan inilah, konsumen lantas mencari jasa untuk titip membeli ke orang-orang yang sedang mengunjungi daerah atau negara tersebut. Bagi kamu yang suka jalan-jalan, bisnis online ini sangat cocok bagimu.

Kamu hanya perlu mengumpulkan pesanan siapa yang akan titip apa. Lalu kamu tinggal menentukan apakah pembayaran dilakukan di awal atau di akhir. Tentu saja, untuk pembayaran di awal, kamu harus memiliki reputasi yang bagus terlebih dahulu.

Mengerjakan Micro-Task

Kamu sedang kuliah tapi ingin uang saku tambahan? Atau kamu ibu rumah tangga yang menginginkan pekerjaan sampingan agar tidak bosan mengurus anak? Mengerjakan micro-task adalah solusi tepat bagi kalian.

Bisnis online satu ini tak perlu modal sepeserpun sehingga yang uang saku atau uang bulanannya masih pas-pasan tak perlu pusing lagi soal modal. Kamu hanya perlu membuat akun di platform yang membutuhkan responden atau participant seperti platform survei online, Appen, dan TELUS International.

Dengan mengisi survei online, kamu bisa mengumpulkan poin yang kemudian bisa di­-cash out. Kamu juga bisa mendapat komisi dengan mengerjakan micro-task di kedua platform tersebut, seperti mengumpulkan foto, scan barcode, memberi rating terhadap keamanan internet, dll.

 

Demikian daftar bisnis online tanpa modal yang dapat dilakukan dengan mudah oleh pemula. Pastikan kamu melakukan riset terhadap pekerjaan tersebut agar tahu peran apa saja yang akan kamu lakukan.

Dan tentu saja, agar kamu dapat melihat peluang bisnis yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat.

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter