DScovery

9 Daftar Bisnis Online Terbaru yang Patut Kamu Coba

Berikut beberapa peluang bisnis online menjanjikan untuk menambah penghasilan.

Kemajuan teknologi semakin canggih, memungkinkan banyak hal untuk dilakukan secara online, tak terkecuali menjalankan sebuah bisnis. Bisnis online sendiri merupakan usaha yang dilakukan dengan bermodal koneksi internet.

Saat ini, sudah banyak peluang bisnis yang bisa kamu lakukan secara online. Bahkan, beberapa bisnis online bisa kamu jalankan tanpa modal sepeserpun, melainkan hanya butuh jasa dan kreativitasmu saja.

Menjalankan bisnis online adalah pilihan tepat untuk seorang pelajar yang ingin memiliki pekerjaan sampingan. Bisnis online juga sangat cocok bagi ibu rumah tangga sebagai pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah.

Dengan fleksibilitasnya, bisnis online bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja sesuai keinginanmu. DailySocial.id telah merangkum 10 peluang bisnis online terbaru yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak terus informasinya di bawah ini.

Contoh Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar, Mahasiswa, dan Ibu Rumah Tangga

Dropshipper

Bisnis satu ini memiliki peluang yang menjanjikan karena kamu tak perlu mengeluarkan modal sepeserpun. Dropshipping adalah menjual produk dari bisnis lainnya atas nama tokomu tetapi tak perlu membeli stok barang.

Intinya, kamu hanya menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Kamu hanya perlu meneruskan pesanan ke penjual ketika ada seorang pembeli yang ingin membeli produk tersebut. Kamu bisa mengambil keuntungan dengan menaikkan harga barang, tetapi jangan terlalu tinggi agar tetap kompetitif di pasar.

Dengan menjadi dropshipper, kamu bisa mengirit biaya untuk membeli barang, penyediaan gudang, maintenance barang, dll. Kamu juga bisa mempromosikannya secara murah melalui media sosial atau membuat toko online di e-commerce.

Dengan menjamurnya e-commerce di Indonesia saat ini, kamu tak akan kesulitan mempromosikan barang yang akan kamu jual melalui dropship. Lagipula, sudah banyak bisnis yang membuka peluang dropshipper, kamu tinggal pilih mana produk yang paling menjanjikan untuk dijual.

Freelancer

Akhir-akhir ini, pekerjaan ini juga menjadi tren bisnis online yang menjanjikan. Menjadi freelance sejatinya ‘menjual’ jasa yang kamu punya kepada klien yang membutuhkan. Sudah banyak situs freelancer yang bisa kamu manfaatkan untuk menjalankan bisnis ini.

Pekerjaan ini sangat cocok bagi pelajar maupun mahasiswa untuk menambah uang saku. Misalnya, kamu memiliki hobi menulis, sangat mungkin kamu menjadikannya uang dengan menjadi seorang freelancer. Tinggal membuat akun di situs freelancer yang kamu pilih, lalu mulai menawarkan pekerjaan sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

Ada banyak jenis pekerjaan yang tersedia di situs-situs tersebut, seperti penulis konten, penerjemah, data entry, pembuatan desain, pembuatan website, dll. Pekerjaan seperti jasa SEO, digital marketing, social media specialist juga bisa dilakukan secara freelance.

Affiliate Marketing

Selain menjadi freelance, menjadi affiliate marketing juga santer belakangan ini. Menjadi affiliate marketing berarti mempromosikan produk di platform yang kamu miliki agar pengikutmu tertarik membeli produk tersebut.

Istilahnya, kamu menjadi micro-influencer untuk bisnis tersebut. Kamu akan mendapat imbalan berupa komisi ketika kamu berhasil menjual produk tersebut berdasarkan target yang kamu capai. Besar komisi yang didapat juga tergantung terhadap kesepakatanmu dengan penjual.

Selain tak perlu modal, bisnis ini juga menjanjikan karena sudah banyak yang membuka jasa menjadi affiliate marketing. Tinggal memilih program afiliasi yang sesuai dengan kemampuanmu, lalu mulai mempromosikan. Jangan lupa ikuti tips menjadi affiliate marketing di sini.

Menjual Jasa Online

Bisnis online yang menjanjikan lainnya yaitu dengan menawarkan jasa dari kemampuan yang kamu miliki. Misalnya dengan mengadakan kursus secara online via Zoom atau platform online meeting lainnya. Kamu bisa melakukan kursus SEO, Bahasa Inggris, membuat website, dll.

Kamu juga bisa menawarkan konsultasi secara online, misalnya konsultasi skripsi, keuangan, seleksi kerja, dll. Dengan bisnis model ini, kamu tak perlu pusing mengeluarkan modal karena kamu hanya butuh laptop, internet, dan kemampuan yang kamu miliki.

Selain itu, kamu juga bisa menjadi freelance tanpa harus mendaftar di situs-situs freelance. Caranya yaitu dengan mempromosikan jasa kamu secara independen. Kamu bisa melakukannya melalui akun media sosial pribadi, namun kamu perlu personal brandingyang kuat agar klien tertarik dengan jasamu.

Bergabung dengan Project Online

Saat ini, kamu bisa menghasilkan pundi-pundi uang dengan bergabung dengan berbagai project yang dilakukan secara online. Misalnya dengan mengisi survei di berbagai platform survei seperti ClixSense, Global Test Market, iPanel. Di Indonesia sendiri ada Nusaresearch, YouGov, Surveyon, Jakpat, dll.

Dengan hanya menjadi responden, kamu akan mendapat poin yang kemudian bisa ditukar berupa uang. Biasanya, penghasilan yang ada bisa kamu cash-out dengan bisnis e-money yang bekerja sama dengan platform survei terkait, misalnya Go-Pay, DANA, Paypal, dll.

Selain mengisi survei, kamu juga bisa mengerjakan micro-tasks lainnya di platform seperti Appen dan TELUS International. Pekerjaan yang bisa kamu lakukan seperti mengevaluasi keamanan internet, menilai kualitas aplikasi tertentu, melakukan dokumentasi seperti foto, video, dll.

Contoh Bisnis Online Rumahan dengan Modal Minim

Content Creator

Pekerjaan ini telah menjadi idaman banyak orang. Dengan fleksibilitasnya, kamu bisa membuat konten apapun yang kamu sukai, asal tetap prospek di pasar. Kamu bisa membuat konten berupa video dan menjadi youtuber. Kamu juga bisa menghasilkan konten audio berupa podcast, yang juga sedang menjadi tren saat ini.

Kamu juga bisa membuat konten di media sosial seperti Instagram dan TikTok, misalnya dengan menjadi food vlogger. Tentu saja, kamu bisa memonetisasi konten yang kamu buat, misalnya dari pendapatan iklan yang masuk.

Sebenarnya, bisnis online yang satu ini terhitung murah karena kamu tak perlu modal. Hanya saja, kamu perlu menyiapkan alat untuk membuat atau merekam konten seperti kamera, microphone, dll. Jika kamu telah memilikinya, kamu tinggal membuat kontennya saja.

Blogger

Kamu tidak hanya menyebarkan informasi yang penting dan menarik dengan menulis di blog, melainkan kamu juga menghasilkan uang dari kegiatan tersebut. Caranya adalah dengan menulis sesuai aturan search engine optimization (SEO).

Selain itu, kamu juga bisa mendapat keuntungan dari iklan yang kamu pasang di blog. Misalnya melalui sistem pay-per-click (PPC) dengan Google Ads. Kamu juga bisa menerima tawaran untuk menulis sponsored content.

Menjadi blogger tentunya memiliki prospek yang bagus di masa depan, baik bagi mahasiswa maupun ibu rumah tangga sebagai pekerjaan rumahan. Kamu hanya akan berkutat di depan laptop dan mengurus jaringan internet saja.

Tetapi, kamu juga harus menyiapkan biaya sewa untuk website yang akan kamu kelola. Saat ini, sudah banyak layanan hosting website murah. Kamu juga butuh mempelajari bagaimana memasarkan kontenmu dengan digital marketing dan ketekunan untuk membuat blog-mu tumbuh.

Bisnis Online Shop

Jenis bisnis yang satu ini merupakan bisnis klasik yang bisa dilakukan. Namun, mendirikan toko online sendiri juga memiliki banyak keuntungan, salah satunya prospek bisnis yang bisa tumbuh besar. Dengan membuat toko online, kamu bisa menjual apapun yang kamu mau.

Misalnya dengan menjual akun premium, top-up e-money atau layanan PPOB, template desain, artwork. Atau kamu juga bisa membuat bisnis sendiri yang menjanjikan seperti bisnis makanan kekinian, makanan sehat, bisnis saham atau cryptocurrency, dll.

Tentunya kamu butuh modal pertama untuk mengembangkan model bisnis online yang seperti ini. Kamu juga harus menguasai digital marketing untuk memasarkannya. Bisa melalui media sosial atau online ads di Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dll.

Jastip

Jastip atau jasa titipan merupakan bisnis online yang juga sedang naik daun. Bisnis ini bisa kamu lakukan ketika sedang mendatangi toko offline yang lokasinya jauh dari tempat tinggal konsumen, misalnya luar pulau atau luar negeri.

Nah, bisnis ini sangat cocok bagi k-poppers yang suka jalan-jalan ke negara sang idol. Selain dapat mengunjungi negara sang idol, kamu juga bisa mengambil keuntungan dari jastip ini. Biasanya, k-poppers suka jastip merchandise yang hanya dijual di offline store negara sang idol.

Para konsumen jastip juga biasanya menyukai embel-embel produk asli dari toko tersebut. Fakta bahwa barang yang dibeli berasal dari luar negeri membuat mereka bangga terhadap pembelian barang tersebut. Tentu saja, ini sangat bisa dimanfaatkan untuk peluang bisnis online.

Bisnis ini butuh sedikit modal karena sebagai orang yang dititipi barang, maka kamu harus membelinya dengan uangmu terlebih dahulu. Namun, kamu bisa mengakalinya dengan meminta uang konsumen terlebih dahulu, asal kamu telah dianggap sebagai jastip yang terpercaya.

Tantangan Menjalankan Bisnis Online

Dalam menjalankan usaha, sudah pasti kamu akan mengalami tantangan, memiliki banyak persaingan, hingga adanya risiko, tak terkecuali dengan bisnis online. Sebelum memulai bisnis online milikmu, pastikan kamu memperhatikan ketiga aspek tersebut agar lebih siap ketika menghadapinya.

Akan lebih baik jika kamu “sedia payung sebelum hujan” bukan? Maka dari itu, simak tantangan yang sering dihadapi saat kamu menekuni bisnis online berikut ini.

Adanya Kompetitor

Ketika kamu membuat usaha, kamu pasti dihadapkan dengan kompetitor. Ini merupakan risiko persaingan yang tak bisa dihindari ketika menjalankan bisnis online. Misalnya, ketika kamu mendaftar di situs freelance, kamu akan dihadapkan dengan banyak freelancer yang menawarkan jasanya.

Bahkan banyak dari mereka yang telah dipercaya melayani jasa tertentu. Kondisi yang sama juga akan berlaku ketika kamu membuka toko online, menjadi content creator, menawarkan jastip, menjadi affiliate marketing, dan bentuk bisnis online lainnya,

Namun, kamu tak boleh berkecil hati. Yang perlu kamu lakukan adalah menganalisis kekuatan dan kelemahan para kompetitor tersebut. Kamu akan bisa melihat apa yang diinginkan konsumen atau klien dari menganalisis kelebihan kompetitor.

Sedangkan ketika kamu menganalisis kelemahan mereka, kamu akan menemukan celah yang bisa kamu manfaatkan sebagai peluan bisnis online yang kamu miliki. Jadikan kelemahan tersebut sebagai nilai atau keunikan dari barang/jasa yang kamu tawarkan.

Tentukan Target Konsumen yang Tepat

Selain menganalisis kompetitor, kamu juga harus bisa menganalisis target konsumen/klien untuk bisnis online yang kamu jalankan. Ini merupakan hal penting untuk membantu memahami peluang pasar dari bisnismu agar bisa tumbuh lebih besar.

Misalnya, kamu seorang content creator. Buatlah konten yang memang ingin didengarkan, dilihat, dibaca oleh audiens. Hal serupa juga berlaku ketika kamu ingin membuka toko online. Pastikan produk yang kamu tawarkan memang dibutuhkan oleh konsumen.

Menentukan target konsumen yang tepat juga merupakan strategi pemasaran yang penting. Terlebih, kamu juga harus memahami digital marketing ketika menjalankan bisnis secara online. Simak panduan lengkap menjalankan digital marketing di artikel ini.

Harus Mempunyai Personal Branding yang Kuat

Tak bisa dipungkiri, memulai sebuah bisnis online bukanlah hal mudah. Agar dapat ikut serta dalam persaingan bisnis online yang ada, wajib hukumnya untuk membangun sebuah personal brandingyang kuat. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara membangun personal branding untuk bisnismu.

Personal branding adalah persona atau wajah dari bisnis online yang kamu jalankan. Misalnya, kamu mem-branding dirimu sebagai food vlogger yang selalu merekomendasikan makanan-makanan dengan budget murah dan ramah kantong.

Personal branding sendiri merupakan senjata yang bisa kamu andalkan untuk menonjolkan keunikan bisnis online milikmu, bahkan sebagai pembeda yang kentara dengan kompetitor. Personal branding yang kuat akan membuat konsumen/klien tertarik dengan barang/jasa yang kamu tawarkan.

Demikian daftar peluang bisnis online menjanjikan yang bisa kamu lakukan. Bagi kamu yang seorang pelajar, mahasiswa, atau bahkan ibu rumah tangga, ini merupakan rekomendasi bisnis online yang berpeluang memberimu penghasilan tambahan.

Jangan ragu untuk belajar dan mencoba karena kamu tidak akan mengetahui hasilnya jika kamu tak pernah memulainya. Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber gambar header: Unsplash

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter