1. DScovery

Bisnis Proses: Pengertian, Karakteristik, Jenis dan Tahapannya

Untuk mencapai suatu kesuksesan, sebuah bisnis harus melalui serangkaian proses yang disebut sebagai bisnis proses.

Untuk membangun sebuah bisnis yang sukses tidak dapat dilakukan secara instan. Setiap bisnis harus melalui setiap rangkaian proses, mulai dari merancang konsep dan tujuan dengan matang, mengimplementasikannya, hingga meluncurkan produknya.

Seluruh rangkaian proses tersebut disebut sebagai bisnis proses. Meski setiap perusahaan memiliki proses yang berbeda-beda dalam perkembangannya, namun bisa dipastikan bahwa secara garis besar mereka melalui proses yang kurang lebih sama.

Lantas, apa yang disebut sebagai bisnis proses dan bagaimana prosesnya? Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Bisnis Proses

Secara umum, bisnis proses dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan usaha untuk menghasilkan produk dan jasa. Dalam artian lengkapnya, Monk mendefinisikan bisnis proses sebagai kumpulan aktivitas yang dilakukan dengan menerima masukan untuk menghasilkan output yang berkualitas bagi pelanggan.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh beberapa pihak yang saling berkaitan dalam menjalankan tugasnya, sesuai spesialisasinya dengan berpedoman pada standar perusahaan. Proses tersebut juga diawasi secara rutin dan dievaluasi, sehingga tahapannya sering berubah untuk menyesuaikan selera konsumen maupun target perusahaan.

Karakteristik Bisnis Proses

Proses yang terjadi dalam aktivitas bisnis ini juga memiliki beberapa karakteristik, di antaranya:

  • Definitif, yakni semua pihak harus memahami masukan, hasil, dan batasan-batasan aktivitas yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Urutan, yakni seluruh rangkaian aktivitas usaha harus dilakukan secara sistematis, runtut, dan tertib.
  • Pelanggan, yakni hasil dari serangkaian aktivitas bisnis harus dapat diterima oleh pihak yang membutuhkannya.
  • Nilai tambah, yakni inovasi, transformasi, dan pengembangan-pengembangan tiap prosesnya harus dapat memberi nilai tambah bagi produk tersebut maupun bagi pelanggan.
  • Keterkaitan, yakni aktivitas-aktivas usaha tidak dapat berdiri sendiri, melainkan harus ada suatu struktur organisasi yang mampu menjaga keterkaitannya.
  • Fungsi silang, yakni dalam rangkaian aktivitas bisnis terdapat beberapa fungsi yang saling mendukung dan melengkapi.

Jenis-Jenis Bisnis Proses

Bisnis proses juga terbagi menjadi 3 jenis, yakni:

Proses Primer atau Operasional

Proses primer mencakup serangkaian aktivitas fundamental bisnis, mulai dari pembuatan produk, pemasaran, dan penyediaan layanan kepada pelanggan.

Proses Sekunder atau Dukungan

Proses sekunder merupakan komponen pendukung dari operasiona bisnis. Tujuan dari proses ini adalah untuk menjaga kondusifitas lingkungan kerja dan memastikan bahwa setiap proses selalu berjalan semestinya.

Proses Manajemen

Proses manajemen meliputi kegiatan dalam mengatur dan mengelola bisnis, operasi bisnis, dan perancangan strategi dengan cara menetapkan standar bagi operasional perusahaan maupun komponen pendukungnya.

Proses ini juga bertugas untuk melakukan pengawasan, pemantauan, dan pengendalian pelaksanaan operasional serta kinerja divisi pendukung.

Tahapan Bisnis Proses

Analisis Kegiatan Bisnis

Dalam tahap ini, manajemen memiliki peran untuk berdiskusi dengan pemilik bisnis mengenai operasional bisnis sekaligus menganalisis peluang pasar.

Penentuan Berbagai Proses dalam Bisnis

Setelah mengetahui jenis usaha yang akan dijalankan, langkah selanjutnya adalah menentukan proses, modal, dan peran tiap anggota dalam tim.

Pelaksanaan

Langkah selanjutnya adalah melaksanakan rencana yang telah ditetapkan. Dalam tahap ini, setiap komponen perusahaan harus bekerja sama secara sungguh-sungguh untuk mencapai tujuan.

Evaluasi

Terakhir, tahap evaluasi dilakukan untuk mengukur kinerja setiap komponen dan memperbaiki hal-hal yang menjadi kekurangan bisnis tersebut.

Nah, itulah yang disebut sebagai bisnis proses. Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa bisnis proses harus dilalui agar sebuah bisnis dapat berkembang dan mudah mencapai tujuannya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again