1. Startup

Biznet Kembangkan Layanan Cloud Computing Bagi Industri UKM

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, industri Usaha Kecil dan Menengah (UKM) terlihat sedang menanjak di Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Industri yang berpotensi tinggi untuk pemicu roda ekonomi Indonesia ini membuat banyak pihak melihatnya sebagai lahan yang memiliki daya bisnis tinggi. Salah satunya adalah Biznet, operator penyedia jasa komunikasi dan cloud services yang baru saja meluncurkan layanan Cloud Computing yang dikhususkan untuk segmen UKM. Seperti apa layanan terbaru Biznet ini?

Peluncuran layanan Cloud Computing yang bernama Biznet Cloud Server SMB ini, selain melihat potensi bisnis yang didapat, dilihat sebagai salah satu langkah Biznet dalam memajukan industri UKM dengan layanan komputasi awan yang tentu dapat membantu operasional dari setiap UKM agar dapat lebih maksimal.

Disampaikan oleh Adi Kusma selaku Presiden Direktur dan CEO dari Biznet Networks, dengan dibantu oleh teknologi yang diusungnya, layanan ini diyakini bisa menjadi solusi tepat bagi pelaku industri UKM dalam meningkatkan kualitas bisnis secara optimal. “Cloud Computing dapat menyimpan berbagai data, baik itu data perusahaan seperti data klien, produk, transaksi, hingga data sosial seperti konten, teks, gambar, video, dan gambar,” ujar Adi sesuai dengan yang dikutip dari laman situs Viva hari ini (25/11).

Selain hal tersebut, kehadiran layanan komputasi awan dari Biznet bagi industri UKM ini bisa menjadi solusi yang ekonomis karena pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur teknologi tentunya membutuhkan biaya yang tidak kecil, sedangkan penyedia layanan komputasi awan sudah memiliki semua hal tersebut hanya membebani biaya berlangganan dan penggunaan.

Komputasi awan mungkin merupakan layanan yang lebih mudah dan lebih efisien dibandingkan menjalankan server dan kebutuhan terkait tersendiri namun banyak pengusaha atau pemilik UKM yang masih belum terbiasa menggunakannya sehingga ada baiknya para penyedia komputasi awan ini menghadirkan layanan pendukung yang memudahkan.

Pada umumnya layanan komputasi awan tersedia untuk berbagai macam perangkat baik itu komputer meja, laptop, tablet, bahkan telephone genggam sehingga penggunaannya tidak terbatas ke perangkat tertentu. Kemudahan ini tentu menjadi data tarik tersendiri bagi pengusaha UKM yang memiliki mobilitas tinggi.

“Biznet saat ini telah memiliki dua jenis layanan cloud untuk skala perusahaan yang berbeda yakni Biznet Cloud Server Enterprise untuk perusahaan besar dan juga Biznet Cloud Server SMB yang diperuntukkan bagi kalangan UKM dengan biaya yang terjangkau,” tambah Adi menurut Viva.

 

[ilustrasi foto dari: Shutterstock]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again