Startup yang menghadirkan catering online dengan menu sehat dan rekomendasi dari chef ternama masih terbilang sedikit jumlahnya. Salah satu brand yang terbilang eksis di segmen ini adalah Black Garlic. Setelah secara resmi menghadirkan paket berlangganan pertengahan tahun 2016 lalu, awal tahun 2017 ini Black Garlic memperbarui situs dan mobile site yang lebih user-friendly untuk kenyamanan pengguna melakukan pemesanan.

“Hingga kini kami telah memiliki seribu pelanggan aktif setiap minggunya yang kerap memesan paket pilihan di Black Garlic. Secara demografi kebanyakan pelanggan setia kami adalah ibu rumah tangga berumur 26-40 tahun. Kebanyakan dari mereka tidak bisa atau tidak mahir memasak dan ingin menyuguhkan makanan sehat dan lezat bagi suami dan anak di rumah,” kata CEO Black Garlic Michael Saputra kepada DailySocial.

Perubahan lain yang juga dilakukan Black Garlic adalah meniadakan sistem pesanan satuan sehingga sistem pemesanan menjadi sepenuhnya berlangganan mingguan. Box bahan makanan dijadwalkan untuk dikirim tiap minggu ke rumah pelanggan.

Black Garlic mengklaim pilihan baru tersebut membuat harga lebih murah dan tanpa komitmen. Selain itu untuk pelanggan yang enggan berlangganan dengan Black Garlic selanjutnya bisa menghentikan program berlangganan kapan saja.

“Black Garlic membuat kegiatan memasak untuk keluarga semakin mudah dan menyenangkan. Bahan makanan dikemas dan ditakar sesuai porsi, disertai panduan cara masak yang membuat siapa saja bisa masak. Format berlangganan mingguan ini telah terbukti sukses dan sangat digemari pelanggan kami karena sesuai dengan kebutuhan keluarganya,” kata Michael.

Fokus ke customer retention

Sejak berdiri tahun 2015 lalu, hingga kini Black Garlic sudah melayani lebih dari 16 ribu rumah tangga di Jabodetabek, dan terus berkomitmen agar semua kalangan bisa memasak tanpa harus direpotkan dengan pembelian bahan. Masih akan terus fokus kepada wilayah Jabodetabek, Black Garlic akan meningkatkan brand awareness dan customer retention.

“Target kami selanjutnya adalah untuk terus berinovasi dalam kualitas dan jumlah produk yang kami tawarkan setiap minggunya kepada pelanggan kami. Ke depannya kami juga akan memperluas kerja sama kami dengan para chef dan brand di seluruh Indonesia untuk memajukan gerakan kembali memasak di rumah,” tutup Michael.