14 February 2014

by Bambang Winarso

BlackBerry Akhirnya Rilis Fitur BBM Voice dan Channel Untuk Android dan iPhone

Desember lalu BlackBerry mengisyaratkan sedang mengerjakan sejumlah pekerjaan rumah terkait fitur baru BBM Android dan iOS yaitu BBM Voice dan Channel. Sesuai dengan apa yang mereka janjikan, hari ini kedua fitur tersebut resmi dirilis dan mulai bisa dinikmati oleh pengguna Android dan iOS.

Agar tak makin penasaran, berikut TRL susun detail update apa saja yang dipersembahkan oleh BlackBerry melalui BBM 2.0.

BBM Channel

Seperti yang pernah TRL jelaskan di berita sebelumnya terkait fitur ini, BBM Channels ini sekilas mirip dengan BBM Group, tetapi penggunaan keduanya sangat berbeda.

 

Info Menarik: Anda Suka ‘Kebrutalan’ a la Flappy Bird? Nikmati Dua Buah Game Baru Ini

 

BBM Channels memungkinkan perusahaan atau merek tertentu untuk membuat channel dengan nama merek atau perusahaan di mana melalui channel tersebut perusahaan dapat membagikan konten baik secara manual ataupun diambil dari media sosial.

Tak hanya untuk perusahaan atau merek, pengguna juga dapat membuat channel khusus berdasarkan minat yang sama.

BBM Voice

BBM Voice mungkin bisa dikatakan sebagai bintang di update kali ini, sebab dengan kehadiran BBM Voice pengguna kini bisa melakukan panggilan gratis ke kontak BBM di manapun berada menggunakan jaringan WiFi.

Kehadiran BBM Voice patut diwaspadai oleh pengembang aplikasi lainnya, karena bukan tidak mungkin jutaan pengguna akan beralih ke BBM sebagai pilihan utama ketika harus melakukan panggilan via data.

Integrasi Dropbox

Fitur lain yang dibawa oleh BBM 2.o adalah adanya dukungan integrasi ke layanan awan Dropbox yang memungkinkan pengguna untuk saling mengirim file, menyimpan atau mengunggah langsung dari dan ke smartphone.

 

Info Menarik: iPad Lebih Diinginkan Sebagai Hadiah Valentine Ketimbang Bunga

 

Sudah cukup? Belum, masih ada beberapa hal baru yang bisa Anda nikmati. Misalnya kehadiran sejumlah emoticon baru yang makin ekspresif dan komplit, belum lagi tambahan fitur pelacak lokasi besutan Glympse yang memudahkan Anda untuk berbagi lokasi lengkap dengan rincian jam.

Sebagai pelengkap lainnya terdapat beberapa penambahan fitur pada opsi pengiriman gambar, catatan suara, kalender dan file.

Jangan menunggu lama, periksa smartphone Anda dan lakukan update sekarang untuk merasakan fitur-fitur baru di atas.

Sumber berita blogs/BlackberryGambar header: gotvideo/Shutterstock.