8 November 2016

by Bambang Winarso

BlackBerry DTEK50 dan DTEK60 Tiba di India

BlackBerry DTEK50 dan DTEK60 ditawarkan mulai Rp 4.3 juta-an dan Rp 9.6 juta-an.

Dua minggu setelah meresmikan DTEK60, BlackBerry bergerak cepat mendistribusikan punggawa barunya ke pasar-pasar potensialnya. India menjadi pasar Asia pertama yang resmi disambangi, bukan hanya DTEK60 tapi juga bersama sang kakak, BlackBerry DTEK50.

BlackBerry yang tidak lagi terlibat dalam proses perakitan smartphone menggandeng Optiemus Infracom Limited untuk membantunya memasarkan keduanya di pasar India. DTEK50 ditawarkan mulai  Rs 21,990 atau Rp 4.3 juta-an dan DTEK60 ditawarkan mulai Rs 46,990 atau Rp 9.6 juta-an.

Mengulas sedikit soal spesifikasi keduanya, kita mulai dari DTEK50 yang ditenagai prosesor 617, RAM 3GB dan grafis Adregno 405. Sedangkan DTEK60 lebih bertenaga dengan chipset Snapdragon 820, RAM 4GB dan Adreno 530. Ruang simpan keduanya masing-masing 16GB dan 32GB dengan dukungan microSD.

Di sektor layar, keduanya hanya terpaut 0,3 inci. BlackBerry DTEK50 selebar 5,2 inci beresolusi FHD sedangkan DTEK60 seluas 5,5 inci dengan resolusi QHD.

Bagi BlackBerry, spesifikasi perangkat adalah nomor ke sekian. DTEK50 dan DTEK60 dipersiapkan dengan fokus pada bagian piranti lunak dan aspek keamanan yang memang sudah sejak lama menjadi zona nyaman BlackBerry dan diasosiasikan dengan perangkat-perangkat buatan mereka.

Kedua smartphone dibekali Bootloader aman yang diracik dari awal, menjaga perangkat dari ancaman peretasan dan semacamnya. Selain itu, BlackBerry juga membenamkan dukungan BlackBerry Hub dan Productivity Tab yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna dari kalangan korporat.

Belum ada bocoran ke mana lagi BlackBerry akan membawa dua punggawanya ini. Namun mengingat Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar terbesar mereka, sangat mungkin pasar tanah air bakal menjadi tempat berlabuh selanjutnya setelah India.

Sumber berita FoneArena.