Categories

Gadget

BlackBerry KEYone Hadir di Indonesia, Dirancang Untuk Kalangan Profesional

Aspek andalan di BlackBerry KEYone tentu saja adalah keyboard fisiknya.

Lukman Azis - 24 November 2017

BlackBerry memang tidak setenar dulu, namun namanya masih belum pudar dari hati masyarakat Indonesia. Menurut Anda, hal apa yang paling berkesan ketika menggunakan BlackBerry? Ya, hampir semua orang mungkin akan menjawab ‘bagian keyboard Qwerty fisiknya’.

Ada berita gembira untuk Anda semua. Tepat pada tanggal 23 November kemarin, PT. BB Merah Putih selaku pemegang lisensi smartphone BlackBerry, secara resmi membawa BlackBerry KEYone Limited Edition Black ke Indonesia.

Smartphone ini mengusung sistem operasi Android 7.1 Nougat dan kembali dibekali papan ketik Qwerty di bawah layarnya. Dibanderol di harga Rp 9 juta, BlackBerry KEYone kabarnya dirancang untuk kalangan profesional yang punya banyak kesibukan dan. Selain papan ketik fisik, saya akan mencoba mengulik hal istimewa lain yang ditawarkan oleh KEYone.

 

Be different

blackberry-keyone-indonesia-3

Bagi saya, membahas BlackBerry tak jauh berbeda dari membahas produk Apple. Kita tidak bisa menggunakan spesifikasi hardware sebagai tolak ukur harga. Jika Apple boleh dikatakan merepresentasikan ‘prestise’, maka BlackBerry mewakilkan ‘produktivitas’.

Harga Rp 9 juta memang relatif mahal, tapi BlackBerry membidik segmen atas, khususnya kalangan profesional yang membutuhkan smartphone dengan tingkat keamanan tinggi. Contohnya adalah pengusaha serta para pekerja eksekutif yang kesehariannya dituntut untuk membalas pesan teks dan email.

BlackBerry KEYone hadir buat membantu meningkatkan produktivitas dan dijanjikan bisa diandalkan untuk mendukung segala aktivitas bisnis maupun pemakaian sehari-hari. Fitur seperti BlackBerry Hub juga memungkinkan Anda mengecek semua notifikasi di satu tempat.

 

Smart keyboard

blackberry-keyone-indonesia-5

Dalam peluncurannya kemarin, saya sudah bisa langsung bercengrama dengan KEYone beserta keyboard fisiknya, dan saat menggunakannya buat mengetik, jujur saja rasanya sedikit ‘aneh’.

Hal ini tentu saja wajar, karena selama ini saya telah terbiasa mengetik di keyboard virtual. Dinamai Smart Keyboard, papan ketik di KEYone tersebut menyimpan sejumlah fitur yang jika dimaksimalkan, bisa meningkatkan kecepatan mengetik dan mengubah penggunaan smartphone secara keseluruhan.

Satu contohnya, Anda dapat mengatur sampai 52 shorcut ke aplikasi favorit ataupun ke nomor-nomor telepon individu penting. Papan ketik ini juga bisa berfungsi layaknya trackpad sebagai metode navigasi, dan selain itu, sensor pemindai sidik jari KEYone diposisikan di tombol spasi.

 

Smartphone Android yang aman

blackberry-keyone-indonesia-4

BlackBerry KEYone merupakan smartphone Android yang difokuskan pada faktor keamanan dan kenyamanan, serta dirancang agar tahan lama. Produsen berjanji untuk meluncurkan patch (tambalan) keamanan setiap bulan, dan perangkat ini juga telah dilengkapi DTEK.

DTEK adalah software keamanan andalan BlackBerry, memungkinkan penggunanya mengawasi serta meng-upgrade keamanan sistem operasi dan aplikasi di smartphone demi meminimalkan resiko peretasan maupun pencurian data.

 

Hardware

BlackBerry KEYone punya layar 4,5-inci beresolusi full-HD 1620x1080p dengan rasio 3:2. Panel tersebut sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 4. Lalu di bagian belakangnya, KEYone mengusung frame aluminium dipadu tekstur lembut. Bagi saya, kombinasi layar sentuh dan keyboard fisik khas BlackBerry dipastikan akan memberikan pengalaman pemakaian yang berbeda.

Urusan kinerja, KEYone diotaki system-on-chip Qualcomm Snapdragon 625, lalu ditunjang RAM 4GB, memori internal 64GB, dan baterai 3.505mAh. Sedangkan kalau soal fotografi, KEYone mengandalkan sensor Sony IMX378 resolusi 12-megapixel untuk kamera belakang dan 8-megapixel di kamera depan.

BlackBerry KEYone sudah mulai dipasarkan di Indonesia dengan harga Rp 9 juta. Buat membantu proses distribusi, PT. BB Merah Putih menggandeng sejumlah toko retail online dan offline, juga bermitra dengan operator telekomunikasi di Indonesia.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter