18 September 2013

by Yoga Wisesa

BlackBerry Meresmikan Z30, Sang Penerus Z10

Jika Anda berpendapat bahwa penjualan BlackBerry Z10 dan Q10 yang kurang greget akan membuat BlackBerry berpikir dua kali untuk buru-buru memperkenalkan penerusnya, maka asumsi Anda kurang tepat. Setelah informasi tentangnya pernah bocor beberapa waktu lalu, BlackBerry akhirnya mengumumkan Z30 secara resmi dengan mengklaimnya sebagai 'Smartphone BlackBerry terbesar, tercepat dan tercanggih'.

BlackBerry Z30 adalah smartphone pertama mereka yang dibundel bersama sistem operasi BB10 10.2. Pada permukaan, Anda disajikan dengan layar sentuh Super AMOLED lima-inci dengan resolusi 1.280x720. Layar ini memiliki intensitas pixel sebesar 295ppi. Jika Anda perhatikan lebih lanjut, kepadatan pixel ini sedikit lebih kecil dibandingkan Z10 yang memiliki 356ppi.

Mari kita sama-sama kupas lebih dalam: terdapat prosesor dual-core Snapdragon S4 Pro yang menjadi tenaga utama smartphone baru ini. Untuk kebutuhan grafisnya, Z30 dipersenjatai GPU Adreno 320. Agar mendukung spesifikasi yang cukup tinggi ini, BlackBerry menanamkan memori RAM sebesar 2GB di dalamnya. Anda mendapatkan penyimpanan internal sebesar 16GB - sama seperti pendahulunya, namun tentu saja Anda diperkenankan untuk mengekspansinya dengan kartu micro SD.

Secara penampilan, BlackBerry Z30 sedikit lebih tebal dibandingkan sang pendahulu - tepatnya satu milimeter. Namun untuk membingkai layar 5-incinya, maka ia jauh lebih tinggi dan juga lebih lebar, Z30 memiliki dimensi 140,7x72mm.

Kemampuan kameranya tidak jauh berbeda dari Z10, smartphone ini memiliki kamera depan 2-MP berkemampuan merekam video 720p serta kamera belakang 8-megapixel dengan lensa f2.2 dan kemampuan video full-HD 1080p. Konektivitasnya mendukung 4G LTE - yang kita tahu tidak akan hadir di Indonesia dalam waktu dekat, dual-band Wi-Fi a/b/g/n, Bluetooth 4.0 dan NFC.

Satu hal yang telah dirombak adalah bagian baterai, kini Z30 dilengkapi dengan baterai 2880 mAh. BlackBerry mengklaimnya sebagai baterai terbesar yang pernah ditambatkan ke dalam handset mereka. Mereka menjanjikan bahwa smartphone ini dapat bertahan hingga 25 jam dengan pemakaian standar.

Apa yang menjadi visi BlackBerry dalam meluncurkan smartphone baru ini? Sang Products Executive Vice President Carlo Chiarello menjelaskan: "Smartphone [Z30] ini dibuat untuk mengeluarkan seluruh kemampuan BlackBerry 10 dan didesain untuk Anda yang menginginkan sebuah smartphone yang cakap dalam membantu Anda berkomunikasi, berkirim pesan dan membantu produktivitas bisnis. Dengan aplikasi-aplikasi seperti suite Documents To Go, dipadu dengan layar sentuh 5-inci, smartphone BlackBerry Z30 memberikan Anda kemampuan bisnis on-the-go berkualitas atas."

Tentu saja, bisnis adalah fungsi utama mengapa BlackBerry diciptakan. Mereka berusaha untuk tidak heboh dan terpancing dalam perang panas spesifikasi tinggi yang tampaknya menjadi tren smartphone saat ini.

Selain aplikasi itu, BlackBerry meng-highlight beberapa aplikasi eksklusif lain yang akan membantu kegiatan produktif Anda. Yang pertama adalah BlackBerry Priority Hub. App ini memudahkan Anda dalam mengelola percakapan dan kontak individu-individu yang Anda anggap penting. Ia mengumpulkan tiap pesan dari email, jejaring sosial dan lain-lain, sehingga Anda bisa langsung mengaksesnya dengan cepat saat menginginkannya. Kemudian ada juga BBM Now yang menampilkan preview pesan masuk, apapun aplikasi yang sedang Anda gunakan. Saat pesan BBM masuk, Anda tidak lagi harus 'meninggalkan' app yang sedang digunakan.

Berdasarkan artikel di Engadget, BlackBerry Z30 akan segera diluncurkan minggu depan untuk wilayah Timur Tengah dan Inggris Raya, kemudian menyusul ke wilayah-wilayah lain. Tentu saja hingga saat ini saya belum mendapatkan info tentang harganya, dan kapan ia akan masuk ke Indonesia. Namun mengingat kedekatan BlackBerry dengan para pengguna di nusantara, saya yakin mereka tidak akan membuat kita menunggu terlalu lama.

Sembari menunggu, silakan lihat embedded video presentasi Z30 di bawah.

[youtube id="cQVKISYQ31s" width="620" height="360"]

Sumber gambar: Engadget.