9 October 2017

by Bambang Winarso

BlackBerry Motion Tiba Tanpa Keyboard Fisik

Tapi kali ini TCL membenamkan fitur premium, anti air dan debu

BlackBerry memang sudah “lepas tangan” untuk memproduksi smartphone seorang diri. Tapi, salah satu perusahaan pemegang hak lisensinya TCL tak ingin berlama-lama menahan diri. Tahun lalu saja, pabrikan asal Tiongkok itu sudah meluncurkan tiga model smartphone berlabel BlackBerry, antara lain DTEK50, DTEK60 dan KeyOne. Selanjutnya, TCL dikabarkan sudah mempersiapkan satu model lainnya untuk tahun 2017. Dan yap, kabar bukan isapan jempol, karena di ajang GITEX Technology Week yang digelar di Dubai pekan lalu, TCL resmi mengumukan smartphone BlackBerrry terbaru bernama, BlackBerry Motion.

Berbeda dengan ponsel BlackBerry terakhir keluaran TCL, BlackBerry Motion tidak memiliki keyboard fisik, alias sepenuhnya mengandalkan input sentuhan. Jeroan Motion dilengkapi chipset Qualcomm Snapdragon 625, RAM 4GB, kamera belakang 12MP, dan kamera depan 8MP.

Menarik karena smartphone berbasis Android ini sudah memiliki rating tahan air dan debu IP67, yang berarti ia mampu bertahan digunakan di tempat basah atau bahkan terjauh ke dasar kolam dangkal selama 30 menit. Ponsel pintar ini juga mendukung teknologi Qualcomm QuickCharge 3.0 yang memberi pasokan daya sebesar 50 persen hanya dengan pengisian ulang selama 40 menit.

TCL membekali BlackBerry Motion dengan Android 7.1 Nougat, namun mereka menjanjikan ketersediaan upgrade ke Android 8.x Oreo. Belum diketahui kapan BlackBerry Motion akan diboyong ke pasar Eropa dan Asia. Tapi smartphone akan debut perdana di Uni Emirat Arab dan Arab Saudi dengan banderol sekitar $460.

Sumber berita Crackberry.