Categories

Gadget

BlackBerry OS 10.3.2 Resmi Dirilis, Ini Fitur Barunya

Oki Rosgani - 4 June 2015

Kendati pangsa pasarnya kian berkurang, kabar seputar BlackBerry masih terus bergeliat, rumor yang merebak belakangan ini mengabarkan bahwa beberapa perusahaan tengah melirik perusahaan asal Kanada tersebut untuk diakuisisi.

Beberapa perusahaan yang dikabarkan adalah Microsoft, tapi kabar lain menyebutkan bahwa BlackBerry tidak tertarik, karena saat ini BlackBerry justru tengah berada dalam masa-masa keemasan di sektor enterprise.

Info Menarik:5 Tren Teknologi Pembentuk Kota Modern

Tak heran jika BlackBerry saat ini terus mengembangkan aplikasi dan platform BlackBerry OS yang kini telah memasuki versi 10.3, baru-baru ini BlackBerry telah resmi merilis BlackBerry OS 10.3.2. Update dari sistem operasi ini rencananya sudah bisa dinikmati oleh semua pengguna perangkat BlackBerry 10 mulai minggu ini.

Dari segi antarmuka yang diusungnya, platform BlackBerry OS 10.3.2 memang tidak memiliki banyak perbedaan dibanding dengan platform BlackBerry OS 10.3.1, namun update ini telah memberikan sejumlah perubahan dan fitur baru yang ada di dalamnya.

Beberapa peningkatan terjadi pada fitur kamera, dimana platform versi teranyar ini telah manghadirkan peningkatan pada kemampuan kamera saat mengambil gambar dalam keadaan kurang cahaya pada mode otomatis (auto-mode), kamera juga kini lebih cepat dalam mengenali wajah.

Salah satu kendala utama saat mengambil gambar dengan smartphone adalah munculnya efek blur karena gerakan tangan pengguna, pada pembaharuan ini efek blur tersebut bisa lebih dikurangi sehingga foto yang dihasilkan bisa lebih jelas dan tajam.

Setting pada Meeting Mode | Image: BlackBerry Blog

Selain penambahan fitur di atas, pembaharuan yang dihadirkan oleh BlackBerry OS 10.3.2 adalah perbaikan fungsi Calendar. Jika pada versi sebelumnya perangkat akan masuk ke profil senyap (quiet profile) selama berada pada mode rapat (meeting mode), pada OS versi teranyar ini pengguna dapat mengaturnya melalui daftar kegiatan yang ada di Calendar dan mengabaikan profil senyap tadi melalui ospi yang disediakan.

Jadwal terpadat akan ditampilkan dengan ukuran tanggal yang lebih besar saat pengguna mengakses menu Calendar dengan tampilan sebulan penuh, semakin padat jadwal maka tampilan tanggal pun ditampilkan lebih besar lagi, sehingga pengguna bisa lebih cepat memeriksa kegaiatannya pada tanggal yang bersangkutan.

Info Menarik: Kini Perangkat dengan Dukungan HomeKit dari Apple Sudah Mulai Tersedia

Informasi pembaharuan akan muncul di bagian notifikasi pada perangkat masing-masing pengguna, ketersediaan update mungkin tidak sama untuk beberapa kawasan, namun melalui blog resminya pihak BlackBerry mengatakan bahwa pembaharuan akan dilakukan secara bertahap dalam minggu ini.

Selain menggulirkan pembaharuan untuk perangkat BlackBerry 10, BlackBerry juga telah memberikan pembaharuan untuk aplikasi BlackBerry Blend, aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengakses semua aplikasi BlackBerry melalui berbagai perangkat lain termasuk PC Desktop.

BlackBerry Blend terbaru telah hadir dengan versi 2.1 dimana aplikasi tersebut telah mendapatkan tampilan baru yang lebih segar selain proses transfer file dan data juga menjadi lebih mudah dan cepat.

Sumber: BerryReview, BlackBerry Blog.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter