Categories

Gadget

Belum Rilis, Review BlackBerry Priv Sudah Merebak

Bambang Winarso - 12 October 2015

Sudah jadi rahasia bersama bahwa BlackBerry akhirnya “menyerah” pada keadaan dan secara terbuka mengaku sedang menggarap smartphone berbasis OS besutan Google tersebut yang memang sedang jadi tren. Sempat dipajang di situs resminya, smartphone tersebut dinamai BlackBerry Priv.

Tapi sampai detik ini BlackBerry masih bungkam soal spesifikasi, harga dan juga kapan perangkat tersebut akan diluncurkan. Untungnya redaksi derStandard mendapatkan kesempatan langka me-review unit pra-produksi dari BlackBerry Priv. Memberikan ulasan lebih dini yang cukup dalam meskipun versi akhirnya nanti bisa saja mengemban spek yang berbeda.

Menurut review derStandard, BlackBerry Priv pra produksi ini mengemas layar berukuran 5,4 inci dengan garis desain melengkung di kedua tepinya. Namun derStandard mencatat bahwa tepi melengkung di BlackBerry Priv tidak benar-benar sama dengan yang dipunyai oleh Galaxy Edge buatan Samsung.

Meski demikian, resolusi BlackBerry Priv cukup tajam dengan mengemban kepadatan piksel 544ppi dan resolusi 2K. Spek layar ini menjanjikan kejernihan dan detail yang tajam, menyempurnakan tampilan keren yang dibawa oleh Android 5.1 Lollipop sebagai sistem operasinya.

Jeroannya sendiri dihuni oleh chipset Snapdragon 808 yang dipasangkan dengan RAM berkapasitas 3GB dan memori internal seluas 32GB. Tapi bagi yang masih merasa kurang bisa menambahkan microSD mengingat slot tersebut juga disediakan.

Kamera, BlackBerry memilih sensor 18MP untuk menghuni bagian belakang perangkat, bersama dengan kamera 5MP yang diplot menghuni bagian depan. Ponsel juga dilengkapi konektivitas LTE, Bluetooth 4.1 dan NFC.

Keyboard QWERTY yang menjadi sorotan banyak orang menurut derStandard sangat mudah dipergunakan, dan menjadi solusi tepat bagi pengguna yang merasa kurang nyaman menggunakan keyoard layar sentuh.

Info Menarik:Usung Baterai Besar, Smartphone Huawei Enjoy 5 Melenggang di Tiongkok

Beralih ke sektor piranti lunak, BlackBerry telah membenamkan sejumlah aplikasi seperti BlackBerry Messenger, kemudian fitur “safe guard” sebagai pengaman perangkat di garis terdepan melawan malware dan ancaman lainnya. Lalu ditemukan pula aplikasi Gmail, Chrome, Play Music dan Play Store seperti mayoritas ponsel-ponsel pintar Android lainnya.

Performa

derStandard Juga melakukan pengujian performa benchmark menggunakan AnTuTu dan hasilnya ponsel membuat skor yang ada di atas HTC M dan OnePlus One 2014. derStandard mencatat bahwa performa perangkat secara keseluruhan cukup baik, tapi dalam situasi tertentu perangkat masih mengalami lag yang menurut derStandard disebabkan oleh minimnya optimalisasi.

Membahas performa kameranya akan lebih oke bila langsung menunjukkan jepretan yang dihasilkan oleh perangkat. Berikut beberapa di antaranya.

Seperti sudah dikatakan sebelumnya, review ini baru review versi pra-produksi BlackBerry Priv. Jadi kemungkinan akan ada perbedaan spesifikasi yang akan dipergunakan di versi akhirnya.

Sumber berita Derstandard.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter