27 November 2013

by Bambang Winarso

BlackBerry Resmi Luncurkan BBM Channels

BlackBerry secara resmi akhirnya meluncurkan BBM Channels, fitur istimewa yang sudah diperkenalkan pada Mei lalu ini mendarat di perangkat BlackBerry yang beroperasi dengan Blackberry OS 5 ke atas dan siap untuk diunduh.

BBM Channels merupakan fitur yang memungkinkan perusahaan atau merek tertentu untuk membuat kanal dengan brand mereka, kemudian memanfaatkan kanal tersebut untuk membagikan pesan, gambar produk terbaru, info terbaru baik berupa diskon atau promo spesial dan penawaran lainnya ke anggota kanal. Sebaliknya, pengguna BBM juga dapat mengirimkan pesan, apakah itu berupa pertanyaan atau pesan lainnya kepada perusahaan tersebut.

Tidak hanya berguna sebagai kanal untuk perusahaan dan konsumennya, fitur ini juga bisa digunakan sebagai tempatnya para pengguna BBM yang mempunyai ketertarikan yang sama, misalnya sepakbola, basket, formula 1 atau hobi yang lainnya.

Untuk bisa membuat kanal khusus ternyata tidak melulu perusahaan atau merek ternama, Anda pun dapat membuat kanal sendiri dan mengundang teman atau kerabat untuk bergabung di dalamnya.

Fitur ini pastinya akan disukai oleh pengguna BBM di tanah air, sebab sebagian besar pengguna BlackBerry di Indonesia gemar untuk bersosialisasi membicarakan banyak hal, dan pastinya ini jadi berita gembira bagi mereka yang memanfaatkan BBM sebagai media promosi. Sebab sekarang mereka bisa membuat kanal produk khusus dan mengundang pelanggan dan calon pembeli untuk bergabung di dalamnya.

BBM Channels bisa ditemukan di BlackBerry World, jika perangkat Anda sudah terpasang BBM maka prosesnya lebih mudah, cukup dengan melakukan upgrade, mulailah dengan mengklik tautan ini (harus melalui perangkat BlackBerry Anda) atau buka BlackBerry World dan pilih My World. Di sana Anda akan menemukan notifikasi update, silahkan diupdate dan setelah itu Anda sudah bisa menemukan kanal-kanal baru di BBM Anda. Mudah sekali!

Membuat BBM Channel

Melalui blognya, BlackBerry juga memberikan sejumlah tips, di antaranya adalah cara membuat kanal baru di BBM Channels.

  • Jalakankan BBM seperti biasa dan tap ikon di sisi kiri bawah layar perangkat Anda
  • Pilih menu Channels kemudian tap 3 tanda titik di bagian kiri bawah layar
  • Pilih menu Create Channel dan lengkapi beberapa informasi seperti gambar, nama dan kategori kanal.
  • TapSave.

Setelah kanal berhasil dibuat, sekarang saatnya melakukan konfigurasi kanal. Pertama klik 3 tanda titik di sisi bawah kanan layar perangkat Anda kemudian pilih menu Channel Settings. Di halaman pengaturan inilah Anda dapat melakukan sejumlah penyesuian, misalnya:

  • Allow BBM Chats with You – Opsi ini berfungsi sebagai pengatur apakah anggota kanal dapat mengirimkan pesan chat ke Anda walaupun mereka tidak berada di dalam daftar kontak.
  • Chat Hours – Opsi ini mengatur kapan Anda bisa menerima chat, dengan catatan opsi pertama tadi Anda aktifkan.
  • Allow Comments on Post – Opsi ini mengatur apakah anggota kanal bisa mengirimkan komentar di post kanal.
  • Approve Comments – Jika opsi ini Anda aktifkan, maka anggota kanal bisa meninggalkan komentar tapi harus disetujui melalui situs BBM Channels.
  • Show Channel in Search – Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan opsi ini jika Anda ingin menyembunyikan kanal Anda dari hasil pencarian.
  • Show Channel Activity in Updates – Jika opsi ini diaktifkan, maka aktifitas kanal akan ditampilkan di daftar update BBM Anda.

Kanal yang sudah dibuat bisa diatur baik lewat perangkat BlackBerry atau situs BBM Channels dengan menggunakan ID BlackBerry Anda.

Sayangnya, untuk pengguna BBM Android dan iOS masih harus bersabar, karena fitur BBM Channels belum tersedia untuk kedua platform tersebut. Tetapi Anda tetap dapat mencoba fitur ini via situs ini apabila sudah memiliki email ID BlackBerry yang sudah terkofirmasi, jika belum silahkan konfirmasi dahulu ke tautan ini.

Sumber berita Engadget, Helpblog/Blackberry dan gambar header Crackberry.