22 February 2014

by Bambang Winarso

BlackBerry Segera Jualan Stiker di BBM

Saat pertama kali mengumumkan niat untuk menghadirkan BBM di platform Android dan iOS banyak pihak menilai perusahaan asal Kanada tersebut melakukan keputusan buruk. Namun hari ini BlackBerry mengumumkan rencana peluncuran stiker termasuk jenis premium di BBM, masih berpikir BlackBerry melakukan blunder?

Minggu lalu BlackBerry resmi meluncurkan sejumlah update di antaranya fitur BBM Channels dan Voice dan juga dukungan untuk Android 2.3 Gingerbread sehingga secara teknis meningkatkan daya jangkau BBM, seperti diketahui bahwa 21% dari total pengguna Android masih menggunakan versi 2.3.

Menurut pengumuman yang dilansir oleh Phonearena dari blog BlackBerry, stiker rencananya akan ditempatkan di sebuah toko bernama BBM Shop yang bisa diakses langsung oleh pengguna dari BBM. Setiap paket stiker nantinya akan terdiri dari 20 hingga 25 stiker dalam tema yang berbeda atau karakter unik seperti CosCat, Gilbert's tales, Bubble Bot dan banyak lagi yang lainnya.

 

Info Menarik: Susul Trio Generasi Ketiga Seri L, LG G2 Mini Resmi Diperkenalkan

 

Selain ditawarkan dengan banderol harga, BlackBerry memastikan sejumlah stiker bisa digunakan secara gratis oleh pengguna meskipun dalam jumlah yang sudah barang tentu terbatas. Meski tidak menyebutkan tanggal pastinya, namun kehadiran stiker BBM hanya tinggal masalah waktu.

Saya pribadi justru menyoroti kepiawaian BlackBerry dalam menghadapi kritikan analis, mereka dengan kalem menolak disebut melakukan kesalahan saat meluncurkan BBM ke dua platform yang notabene pesaing terberat mereka.

Saya menilai kehadiran stiker ini bukan tidak direncanakan, sebab dengan jutaan pengguna yang sudah mengunduh BBM, BlackBerry punya ladang emas yang tinggal diolah untuk mendapatkan hasil, salah satunya dari penjualan stiker ini.

Upaya BlackBerry menguangkan euforia BBM di Android dan iOS sebenarnya sudah terlihat tatkala memutuskan untuk membeli ScrOON tahun lalu. Meski belum kelihatan implementasinya, namun perlaan tapi pasti BlackBerry mulai melancarkan serangan 'terselubungnya'. What's Next "B"?

Sumber berita Phonearena, dan Blogs/BlackBerry.