9 January 2015

by Oki Rosgani

BlackBerry Siap Integrasikan BBM ke Perangkat Wearable

Perhelatan Consumer Electronic Show (CES) 2015 telah dijadikan momen tepat bagi perusahaan besar untuk mengumumkan ketersediaan produk dan layanan baru yang akan mereka sediakan untuk konsumen di waktu mendatang, termasuk juga BlackBerry.

Di acara ini BlackBerry telah mengumumkan rencananya untuk menghadirkan dukungan layanan pesan instan BlackBerry Messenger (BBM) bagi perangkat wearable.

Berdasarkan data yang dilansir dari rilis pers BlackBerry, bahwa data hasil riset perusahaan Canalys Research September 2014 lalu menyebutkan bahwa prediksi pengapalan jam tangan pintar (smartwatch) akan bertumbuh cukup signifikan dari angka 28 juta unit pada 2015 dan akan meningkat menjadi lebih dari 60 juta unit pada tahun 2017 mendatang.

Artinya ada celah besar yang bisa diisi oleh para pengembang aplikasi untuk bisa menikmati kue bisnis di ranah wearable. Hal ini juga dimanfaatkan oleh BlackBerry untuk memasukkan fitur BBM pada perangkat wearable, nantinya para pengguna jam tangan pintar berbasis Android Wear akan bisa mengakses pesan instan BBM langsung dipergelangan tangan mereka tanpa harus lagi merogoh perangkat smartphone.

Jika diambil rata-rata dari pengguna layanan pesan instan BBM, mereka telah menghabiskan sedikitnya 9 jam dalam satu minggu untuk menggunakan aplikasi tersebut. Hadirnya aplikasi pesan instan BBM pada perangkat jam tangan pintar bisa meningkatkan waktu penggunaan aplikasi.

Pada perhelatan CES 2015 kemarin, Herman Li, selaku Senior Vice President, BBM Engineering dan Product Management dari BlackBerry mengatakan bahwa integrasi aplikasi pesan instan BBM pada perangkat wearable adalah salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan portofolio dan menyediakan pilihan yang menyenangkan dan memudahkan untuk pengguna BlackBerry dalam mengakses teknologi BlackBerry yang multi-platform.

Credit: Matt Hamblen/Computerworld

Pada acara yang sama, Jeff Gadway, selaku BlackBerry's director of enterprise products, telah mendemonstrasikan aplikasi Blackberry Messenger pada perangkat smartwatchSamsung Galaxy Gear S yang berjalan dengan platform Android Wear yang terhubung melalui Bluetooth ke perangkat smartphone berbasis Android.

Sama seperti aplikasi pesan instan BBM yang tersedia pada perangkat smartphone, aplikasi BBM untuk perangkat Android Wear juga akan memiliki dukungan seperti:

  • Menerima notifikasi di jam ketika ada pesan baru masuk, melihat pengirim pesan dan mengintip pesan.
  • Membaca pesan secara keseluruhan, navigasi pesan dan menghapus notifikasi dengan gerakan yang mudah.
  • Membalas pesan tanpa mengetik dengan menggunakan Google Now atau memilih dari pesan yang sudah ditentukan untuk dengan cepat membalas pesan tersebut.
  • Menerima undangan BBM dari jam tanpa harus mengakses ponsel pintar mereka

Aplikasi BBM untuk perangkat wearable akan tersedia untuk semua model smartwatch yang berjalan dengan platform Android Wear, para pengguna aplikasi BBM yang telah memiliki perangkatnya bisa memeriksa ketersediaan aplikasi BBM untuk perangkat Android Wear melalui tautan http://www.android.com/wear/check/.

Pihak BlackBerry menjanjikan bahwa aplikasi BBM untuk perangkat Android Wear akan tersedia pada awal tahun 2015 ini.

Gambar Header: gadgets.ndtv.