28 April 2015

by Bambang Winarso

BlackBerry Siapkan Tiga Varian Smartphone Baru, Inikah Wujudnya?

Menolak untuk menyerah begitu saja, BlackBerry berupaya konsisten melahirkan perangkat smartphone baru. BlackBerry Passport dan Classic adalah dua punggawa terbaru yang menjadi tumpuan BlackBerry dalam mempertahankan eksistensi di industri yang pernah melambungkan namanya.

Tetapi tampaknya di tahun ini atau tahun depan BlackBerry bakal punya kejutan baru. Hal ini terungkap setelah beredarnya penampakan tiga perangkat yang diklaim sebagai cikal bakal perangkat baru besutan BlackBerry.

Bocoran foto yang pertama diklaim merupakan potongan dari wujud BlackBerry Oslo. Konon perangkat ini merupakan sekuel terbaru dari BlackBerry Passport. Tak heran banyak yang meyakini perangkat akan punya spesifikasi yang mirip dengan seniornya itu. Menurut kabar BlackBerry Oslo akan menampakkan diri pada 30 Juni 2015 mendatang.

Layar Oslo memiliki resolusi 1440 x 1440 piksel, jeroan berupa chipset Snapdragon, kamera 13MP dengan fitur OIS dan baterai berkapasitas besar yang mengesankan, 3.450mAh. Tak ketinggalan tentunya komponen keyboard fisik dan virtual QWERTY.

Info Menarik:Facebook Hello Ingin Menjadi Satu-Satunya Aplikasi Dialer Bagi Pengguna Android

Jika nama BlackBerry Oslo sudah pernah Anda dengar sebelumnya, varian kedua ini saya yakin masih terasa asing di telinga Anda. Perangkat kedua yang dimaksud adalah BlackBerry Slider atau BlackBerry Venice.

BlackBerry Slider atau BlackBerry Venice dikatakan memiliki fitur yang menandakan dirinya adalah perangkat kelas atas. Seperti layar berukuran 5,1 inci dengan resolusi 1440 x 2560 piksel. Yang membuatnya menarik, komponen layar menampilkan desain melengkung seperti kepunyaan Galaxy S6 Edge kendati tidak sepenuhnya serupa.

Info Menarik:Oomi Adalah Sistem Smart Home dengan Kemudahan Integrasi Aksesori

Kemudian di bagian dalam dihuni oleh prosesor yang juga berkelas, CPU octa-core lalu kamera utama 16MP dan kamera depan 5MP serta lagi-lagi baterai berkapasitas bongsor, 3.650mAh sebagai penyempurna.

Terakhir adalah model P'9984. Bila mempertimbangkan penamaannya sangat mungkin ini adalah varian terbaru yang mewarisi desain model BlackBerry Porsche. Sayang tak banyak informasi yang dapat digunakan sebagai pembanding antara keduanya.

Masih terlalu dini untuk membuat kesimpulan atau menerka kebenaran ketiga bocoran foto perangkat BlackBerry ini. Jadi untuk amannya, kita harus nantikan konfirmasi resmi dari pihak BlackBerry yang mungkin saja dalam waktu dekat akan segera buka mulut soal perangkat terbarunya.

Sumber berita GSMarena dan gambar header Pieter Beens/Shutterstock.com.