31 August 2015

by Bambang Winarso

Rekap Info BlackBerry Venice dan Windows 10 Mobile Pekan Kemarin

Teknologi setiap harinya berkembang dengan kecepatan yang begitu mengesankan. Dan hampir setiap pekan berbagai berita seperti analisis, rumor, statistik hingga kelahiran perangkat baru dihadirkan ke hadapan kita.

Tak berbeda dengan apa yang kita jumpai dua pekan silam, di pekan lalu kita juga disuguhi sejumlah berita yang menggelitik keingintahuan jutaan pengamat teknologi.

Diawali oleh rumor BlackBerry Venice yang kabarnya akan menjadi ponsel pintar pertama BlackBerry berbekal sistem operasi Android. @Evleaks membeberkan ponsel ini akan membawa fitur-fitur andalan BB10 seperti BlackBerry Experience Suite, BlackBerry Hub, unified contacts, calendars, custom apps, dan tentu saja BBM. Jika yang dimaksud adalah kombinasi BB10 dan Android, ini akan menjadi ponsel yang hebat, setuju?

Tak lama berselang banyak media yang mengangkat berita tentang munculnya wujud BlackBerry Venice. Sorotan orang lebih tertuju pada rancangan mekanisme slider yang memang tampak berbeda dari desain ponsel BlackBerry lainnya.

 

Di samping detail soal layar perangkat yang diyakini mengemas ukuran 5,4 inci beresolusi QHD dengan garis lengkung di tepi panel belakang dan keyboard full QWERTY.

Tak hanya mencoba mengesankan lewat mekanisme slider dan keyboard QWERTY, BlackBerry juga tampaknya ingin memberi kesan mendalam di sektor fotografi. Itu sebabnya ada rumor yang mengatakan BlakBerry Venice akan membawa kamera 18MP, kemudian ada fitur optical image stabilization, fastfocus dan dual LED flash.

Info Menarik:Video Ini Tampilkan Smartphone BlackBerry Passport Dengan OS Android

Berikutnya, ada suguhan tak kalah “panas” seputar sistem operasi Windows 10 Mobile yang belum kunjung diluncurkan. Padahal instalasi versi desktop-nya sudah melejit di angka 75 juta.

Tetapi menurut ZDNet, fase preview Windows 10 Mobile akan berakhir pada 1 Oktober 2015. Artinya, versi final Windows 10 Mobile hanya tinggal hitungan minggu sebelum dapat dijumpai oleh publik. Hanya saja, sumber yang sama mengungkap adanya fakta kurang menyenangkan.

Kabarnya, jika pengguna Windows Phone ingin naik kelas. Perangkat mereka harus mempunyai ruangan bebas minimal 8GB. Artinya, jika ponsel pintar mereka punya perangkat kelas atas tapi memori kurang dari 8GB, mau tak mau mereka harus mengurungkan niatnya untuk upgrade.

Rumor Windows 10 Mobile berlanjut. Sehari kemudian muncul sejumlah screenshot yang menampilkan versi build 10534 yang membeberkan perubahan besar seperti dukungan tethering USB, berbagi file melalui WiFi dan tentu perbaikan-perbaikan lainnya.

Dan bila bicara Windows 10 Mobile, maka kita harus mengikut-sertakan Cityman dan Talkman atau Lumia 940/950 dan Lumia 940 XL/950XL. Menurut rumor terbaru, kedua varian akan diluncurkan pertama kali ke AT&T dan T Mobiles di awal November. Tapi sumber lainnya berpendapat berbeda, dikatakan bahwa keduanya akan lahir di New York pada tanggal 19 Oktober 2015.

Sumber: @EvleaksWmpoweruser.com. Gambar header: Shutterstock