14 May 2014

by wiku

BlackBerry Z3 - Jakarta Edition Resmi Diluncurkan di Indonesia

Bertempat di Ballroom 3 The Ritz Carlton Hotel - Pacific Place Jakarta, John Chen selaku CEO BlackBerry resmi memperkenalkan perangkat smartphone terbaru BlackBerry Z3. Rilis ini juga merupakan pengenalan akan BlackBerry Z3 - Jakarta Edition yang dirilis khusus untuk pasar Indonesia.

Acara peluncuran ini menjadi cukup spesial bagi Indonesia, karena selain BlackBerry Z3 - Jakarta Edition memang terinspirasi dan dibuat untuk Indonesia, acara ini memberikan nuansa lokal yang cukup lekat.

Mulai dari tari khas Jakarta yang mengirimi acara pembukaan, lagu khusus yang dinyanyikan grup musik SoulID asal Indonesia serta kehadiran beberapa perwakilan dari pemerintah termasuk perwakilan dari Gurbernur kota Jakarta pada acara tersebut.

Acara ini juga menghadirkan jajaran eksekutif dari BlackBerry termasuk yang menjadi pusat perhatian adalah CEO BlackBerry, John Chen. Kehadirannya mempertegas pentingnya pasar Indonesia bagi BlackBerry. Rilis BB Z3 - Jakarta Edition juga menjadi unik karena merupakan rilis pertama yang dilakukan John Chen selama berada di kursi CEO.

Nuansa lokal juga dihadirkan dalam perangkat dan fitur dari BlackBerry Z3. Selain edisi terbatas dengan label 'Jakarta' yang ada di pojok kanan bagian belakang smartphone, beberapa fitur dan konten pun dibuat khas untuk pengguna lokal.

Dalam demo saat acara berlangsung, diperlihatkan bahwa ada fitur bahasa daerah yang bisa digunakan dan menjadi dukungan bahasa yang diberikan pada perangkat smartphone ini. Dalam demo diperlihatkan dukungan bahasa daerah Jawa serta basa Sunda.

Selain itu pengguna juga bisa menikmati fasilitas tiga input bahasa sekaligus, jadi misalnya dukungan bahasa Jawa, Indonesia dan Inggris, keyboard perangkat ini bisa mendeteksi dan memberikan usulan atas tiga bahasa tersebut.

Selain itu pelokalan lain yang hadir di BlackBerry Z3 - Jakarta Edition ini antara lain adalah stiker wayang yang khusus dihadirkan untuk pasar Indonesia. Stiker ini bisa digunakan di layanan BBM dari BlackBerry. Aplikasi lokal yang hadir di konten lokal di BlackBerry World juga bisa ditemukan dan diunduh oleh pengguna BlackBerry.

BlackBerry Z3 sendiri adalah perangkat berlayar 5 inci resolusi 540 x 960 qHD dengan ruang penyimpanan 8GB serta kemera utama 5MP dan HD 1080p untuk rekaman video. Edisi spesial menghadirkan teks Jakarta pada bagian belakang kiri atas smartphone.

Selama acara kemarin, saya sempat mencoba perangkat ini. Dari sisi desain cukup menyenangkan, ciri khas bagian belakang perangkat BlackBerry memberikan kesan bahwa perangkat ini perangkat yang tidak kalah dengan perangkat premium. Body yang cukup tipis juga nyaman di genggaman.

Meski tidak banyak mencoba aplikasi, tetapi sistem operasi BB 10.2.1 yang disematkan di perangkat ini cukup smooth digunakan, prosesor dual core 1.2 GHz dari Qualcomm MSM8230 memberikan dukungan atas perangkat ini yang dilengkapi dengan RAM sebesar 1.5GB.

Bagian pinggir kanan menyediakan slot kartu serta memori yang bisa diperluas sampai 32GB. Baterai 2500mAH juga tentunya cukup mendukung performa smartphone ini.

Kamera yang dihadirkan memang cukup biasa-biasa saja tetapi BlackBerry juga melengkapinya dengan beberapa menu pelengkap, termasuk HDR untuk meningkatkan kualitas foto.

Sayangnya ketika mencoba smartphone ini, saya merasakan layar yang dihadirkan tidak cukup sensitif, mungkin dikarenakan jari tangan saya yang sering basah oleh keringat, selain itu Anda juga harus terbiasa dengan gesture dari BB 10 yang sedikit berbeda dengan gesture di sistem operasi lainnya.

Untuk speaker sendiri terletak di bagian belakang bagian bawah dengan kualitas yang tidak istimewa tetapi cukup oke.

Daya tarik utama dari perangkat ini tentu saja harga, BlackBery Z3 dijual seharga Rp 2.199.000 dan akan mulai tersedia di mitra penjualan BlackBerry mulai 15 Mei 2014. Edisi bertuliskan Jakarta tersedia terbatas dan sepertinya sudah ludes dipesan dibeberapa penyedia pre-order, dan mungkin masih tersedia untuk rilis offline di toko retail mulai tanggal 15 Mei besok.

Dengan harga ini, serta desain dan body yang cukup oke dan kemampuan yang ada (dukungan prosesor dan RAM) serta OS BlackBerry paling baru, tentunya memberikan pilihan yang menarik bagi konsumen. Baik entry level yang baru ingin memiliki ponsel BlackBerry atau mereka yang telah ingin mencoba menikmati sistem operasi dari BlackBerry.

Berikut beberapa foto dari peluncuran termasuk foto perangkat, mohon maaf jika kualitas foto kurang maksimal karena nuansa lampu biru yang ada membuat agak sulit mendapatkan foto yang terbaik.

Foto acara:

Foto perangkat BlackBerry Z3 dan Jakarta Edition: