Blackmagic Luncurkan Keyboard Mekanis Khusus untuk Video Editor

Blackmagic Luncurkan Keyboard Mekanis Khusus untuk Video Editor

Tandemkan dengan software DaVinci Resolve, maka Anda bisa mengedit secara leluasa tanpa perlu mengacuhkan mouse
DaVinci Resolve Editor Keyboard / Blackmagic Design
DaVinci Resolve Editor Keyboard / Blackmagic Design

Di luar Adobe Premiere dan Final Cut Pro, masih ada software lain yang tak kalah populer di kalangan video editor, yakni DaVinci Resolve garapan Blackmagic Design. Versi barunya, DaVinci Resolve 16, baru saja dirilis belum lama ini, namun ternyata pabrikan asal Australia itu tidak puas hanya dengan software baru saja.

Mereka turut memperkenalkan perangkat bernama DaVinci Resolve Editor Keyboard. Meski sepintas kelihatan seperti keyboard biasa, ia dirancang untuk mempermudah tugas para video editor sekaligus mempercepat kinerja mereka, dan itu diwujudkan lewat penambahan sejumlah tombol di sisi kiri dan kanan.

DaVinci Resolve Editor Keyboard

Di bagian tengah pun bisa kita lihat tombol warna-warni yang berjejer, dimaksudkan sebagai shortcut atas beragam fungsi yang terdapat di software DaVinci Resolve. Kemudian di ujung kanan sendiri, ada kenop putar berukuran besar yang dapat dipakai untuk memantau timeline video dengan mudah sekaligus presisi.

Berbekal keyboard ini, Blackmagic yakin para video editor bisa lebih cepat bekerja karena kedua tangannya dapat terfokus pada keyboard dan mengabaikan mouse. Tentunya mereka tidak melupakan aspek kenyamanan dan durabilitas, terbukti dari penggunaan switch mekanis di tiap-tiap tombol keyboard.

Sasis keyboard-nya pun juga terbuat dari logam demi ketahanan ekstra. Terdapat tiga buah port pada bagian belakangnya; satu port USB-C untuk disambungkan ke komputer, dan dua port USB-A 3.0 untuk menambahkan periferal lain.

DaVinci Resolve Editor Keyboard

Sebelum ini sebenarnya sudah ada periferal niche yang juga didedikasikan bagi para video maupun photo editor. Salah satunya adalah Loupedeck, akan tetapi penawaran dari Blackmagic ini terkesan lebih fleksibel karena masih bisa dipakai untuk mengetik seperti biasa.

Sayang sekali harganya tidak murah. Blackmagic berencana melepas DaVinci Resolve Editor Keyboard ke pasaran mulai bulan Agustus mendatang dengan banderol $995.

Sumber: DPReview dan Blackmagic.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…