Categories

Berita

Blanja Peroleh Kucuran Dana Rp 330 Miliar dari TelkomMetra dan eBay

Pendanaan tersebut akan digunakan untuk melancarkan promosi, penambahan produk dan lainnya

Yenny Yusra - 7 April 2016

Situs marketplace besutan TelkomMetra bersama dengan eBay, Blanja, kembali mendapatkan pendanaan sebesar $25 juta atau sekitar Rp 330 miliar. Hal ini dilakukan sebagai strategi yang untuk menjaga tingkat kompetitif Blanja di era persaingan layanan marketplace saat ini.

Selama ini Blanja telah hadir sebagai salah satu e-commerce yang menawarkan berbagai macam kebutuhan kepada konsumen di Indonesia, namun sejak diluncurkannya Blanja tahun 2013 silam, belum secara agresif promosi, akuisisi pelanggan serta hal-hal terkait lainnya yang secara fokus di lancarkan oleh Blanja, seperti yang ditegaskan oleh Presiden Direktur TelkomMetra Teguh Wahyono.

"Kalau kemarin kita kurang agresif karena merasa industri ini belum terlalu siap, sistemnya belum siap. Kita melihat sekarang industri ini sudah mulai tumbuh untuk itu 'spend' (belanja) kita lebih besar," kata Teguh Wahyono kepada Republika.

Marketplace yang lahir dari kerja sama antara TelkomMetra dan situs eBay tersebut, akan menyalurkan masing-masing dana secara terpisah. TelkomMetra mengklaim akan menyuntikan sekitar 60% atau sekitar $ 15 juta, sementara eBay akan memberikan dana sebesar $ 10 juta atau sekitar 40%. Sesuai dengan rencana pendanaan tersebut akan diberikan tahun 2016 ini.

Jumlah tersebut tentunya masih kalah jauh jumlahnya dibandingkan pendanaan yang didapatkan oleh pemain lainnya yang menawarkan bisnis yang serupa seperti Tokopedia dan Lazada, namun demikian Blanja mengklaim memiliki keuntungan lebih yang tidak dimiliki oleh e-commerce lainnya, yaitu terafiliasi dengan perusahaan telekomunikasi yang juga memiliki operator seluler Telkomsel.

Dengan memanfaatkan jumlah pengguna yang terdaftar, diharapkan Blanja bisa menawarkan dan meraih lebih banyak pengguna dengan salah satu operator terbesar tersebut yaitu Telkomsel.

"Kalau Telkom sudah punya Telkomsel, 150 juta (pelanggan) mestinya lebih mudah, kalau yang lainkan semuanya harus B2B (antar perusahaan), kalau Telkom punya distribusi 'chanel' harusnya lebih mudah dan lebih hemat," kata Teguh.

Saat ini situs Blanja telah menawarkan berbagai produk beragam, promosi menarik, voucher gratis hingga ongkos pengiriman barang gratis kepada pengguna. Dengan pendanaan yang akan dikucurkan tahun ini, Blanja akan mencoba tampil menawarkan pilihan dan keuntungan lebih kepada pelanggan dan bersaing dengan kompetitor lainnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter