Categories

Berita

Blibli Gandeng NEX Logistics dan 7-Eleven Sajikan Solusi Online-to-Offline

Hadirkan NEX-KITA sebagai alternatif metode antar dan titip barang

Michael Erlangga - 13 July 2015

Online marketplaceBlibli paham betul bahwa industri logistik masih salah satu isu utama di ekosistem e-commerce Indonesia. Berlandaskan visi utamanya, kini mereka menggandeng NEX Logistics dan 7-Eleven untuk memberikan solusi online-to-offline untuk kenyamanan transaksi online para penggunanya. Layanan yang diberi nama NEX-KITA akan mulai beroperasi pada bulan Oktober 2015 mendatang.

Ditemui pada hari Sabtu kemarin (11/7), CEO Blibli Kusumo Martanto menekankan poin penting yakni kenyamanan agar terciptanya ekosistem e-commerce yang bergeliat di Indonesia saat ini. Visi tersebut sejalan dengan perusahaan jasa logistik NEX Logistics, dan juga convenience store 7-Eleven. Kerjasama ini mengizinkan pelanggan Blibli untuk mengirimkan barang menggunakan jasa loker NEX Logistics yang biasanya terdapat di samping gerai 7-Eleven yang beroperasi selama 24 jam.

“Aktivitas masyarakat yang semakin mobile dan kemacetan jalan raya yang terjadi di kota-kota besar mengubah gaya hidup masyarakat. Mereka semakin jarang berada di rumah, contohnya para profesional atau mahasiswa saat ini sering bekerja, meeting bersama klien atau sekedar kongkow di convenience store. Ini membuat kami yakin layanan NEX-KITA memberi alternatif pengiriman barang kepada konsumen,” paparnya.

Opsi metode pengiriman menggunakan NEX-KITA akan muncul untuk konsumen Blibli sebelum konfirmasi transaksi. Proses pengiriman dan sampainya barang di loker NEX Logistics pengguna akan menerima notifikasi e-mail berisikan PIN untuk membuka loker pribadi di gerai 7-Eleven terdekat dari alamat rumah mereka. Pengguna disediakan loker sementara selama hingga dua hari terhitung setelah barang mereka datang, setelahnya NEX Logistics membebankan biaya mulai dari Rp 5 ribu per hari tergantung ukuran loker.

“Demikian pula untuk masalah pembayaran. Para konsumen Blibli dapat dengan mudah melakukannya melalui kiosk SEVELIN yang ada di seluruh outlet 7-Eleven sambil mereka menikmati produk-produk makanan dan minuman siap saji yang kami sediakan,” kata Direktur Utama PT Modern Sevel Indonesia Henri Honoris.

Konsep COD (cash on delivery) dan online-to-offline yang ditawarkan Blibli cukup menarik sebagai alternatif metode pengiriman. Sayangnya skema ini belum bisa diaplikasikan di luar pulau Jawa dalam waktu dekat, padahal kendala pengiriman di luar pulau Jawa terutama Indonesia bagian timur kerap dikeluhkan.

Tahap awal NEX-KITA baru akan tersedia di 10 gerai NEX Logistics di 10 lokasi 7-Eleven yang ada di lima wilayah DKI Jakarta. Pada tahun 2016, NEX Logistics menargetkan membangun 150 gerai di wilayah Jabodetabek, baik itu gerai dengan layanan NEX-KITA ataupun gerai independen.

- Disclosure DailySocial dan Blibli.com berada dalam satu naungan perusahaan yang sama

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter