Categories

Berita

Blibli Rayakan Ulang Tahun Yang Ke-2, Membangun Tatanan Ekosistem E-commerce di Indonesia

Avi Tejo Bhaskoro - 26 July 2013

Salah satu situs e-commerce tersohor dari Indonesia Blibli, tepat pada tanggal (25/7) kemarin genap merayakan ulang tahunnya yang ke-2 tahun. Untuk merayakannya, Blibli mengadakan acara “2nd Anniversary Celebration & Partners Appreciation Night” yang digelar di Grand Ballroom Hotel Kempinski Grand Indonesia, Jakarta. Dalam usia 2 tahun Blibli dipandang sebagai situs e-commerce yang giat mengembangkan ekosistem e-commerce di Indonesia belakangan ini. Seperti apa perkembangannya?

Blibli yang hadir sebagai salah satu pemain kuat dari industri e-commerce Indonesia tersebut dinilai telah mengambil sejumlah langkah untuk menciptakan sebuah ekosistem e-commerce demi kemajuan industri yang lebih baik, salah satunya adalah dengan cara menjalin kemitraan yang kuat dari vendor-vendor terkemuka dari industri terkait seperti dari perbankan, logistik, merchant, hingga para pemilik brand yang memiliki konsep pemasaran yang kuat.

Hal ini kemudian dipertegas oleh Kusumo Martanto selaku CEO dari Blibli yang dalam acara press conference ulang tahun Blibli sempat menyatakan, “Kami memberikan apresiasi kepada para partner yang sudah selama dua tahun ini bergabung dengan Blibli, dan kami sangat berterima kasih atas kebersamaan dan kepercayaan yang diberikan di awal pengembangan e-commerce Indonesia.” Ucap Kusumo.

Berkaitan dengan hal itu, Blibli secara seremonial pada malam apresiasi tersebut mengadakan penganugerahaan terhadap sembilan mitra Blibli yang dipilih untuk menjadi “The Best Partner of The Year 2013”. Ke-sembilan mitra yang terpilih menjadi pemenang tersebut datang dari berbagai macam kategori seperti Batik Heritage (Men & Women Category), The Executive (Men & Woman Category), Anak Manja (Kids & Baby Category), Cooks Habit (Culinary Category), Cakra Game (Hobbies Category), Hartono Elektronika (Electronics Category), Erafone (Handphones Category), BCA (Banking Category), dan juga JNE (Logistics Category). Ke-sembilan pemenang tersebut dianggap Blibli sebagai mitra yang telah mendukung bisnis e-commerce dari Blibli selama 2 tahun terakhir.

Melihat usia Blibli sekarang ini, poin penting yang dapat diperhatikan adalah perkembangan dan pembangunan ekosistem e-commerce di Indonesia yang memang sudah sejak dari awal Blibli hadir untuk mengembangkan hal tersebut. Masih dalam acara press conference tersebut, Kusumo Martanto mengungkapkan faktanya. Ia membeberkan bahwasanya Blibli yang dalam satu tahun terakhir telah mencatat peningkatan penjualan sebesar 1600% atau 16 kali lipat dibanding tahun sebelumnya itu, masih perlu menghadapi berbagai tantangan dalam membangun sebuah ekosistem e-commerce yang maju bagi pasar Indonesia. Apa saja tantangan tersebut?

Menurutnya, jika industri e-commerce Indonesia ingin maju ada lima poin yang harus diperhatikan yaitu: ketersediaan jaringan internet yang merata di seluruh wilayah Indonesia, solusi pembayaran online yang mudah dan sederhana, jalinan kemitraan logistik dari pihak luar, sumber daya yang maju, dan yang tak kalah penting adalah regulasi pemerintah sebagai pihak pendukung dalam kemajuan industri tersebut.

Dari berbagai tantangan tersebut, tentu hal itu tidak berlaku pada Blibli saja namun juga pada penggiat industri e-commerce di Indonesia lainnya yang diharapkan tidak hanya menjadi “peramai” pada industri itu namun juga dapat meng-edukasi konsumen Indonesia agar mampu membentuk sebuah ekosistem e-commerce yang maju dan dapat bersaing di dunia internasional.

Blibli yang didirikan oleh PT. Global Digital Niaga hingga hari ini memiliki lebih dari 600 merchant partners dan menyediakan lebih dari 35.000 produk yang berasal dari 700 brand terkemuka. Blibli yang pernah menyabet penghargaan startup teknologi teratas (Indonesians Top 10 Tech Start-Ups) versi Wall Street Journal Asia Tenggara itu pada acara “2nd Anniversary Celebration & Partners Appreciation Night” kemarin juga secara resmi telah memperkenalkan tampilan antarmuka baru yang lebih segar dan menghadirkan fitur-fitur baru yang mempermudah bagi para pengguna.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter